Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung
Vol 5, No 2 (2019): VOL 5 NO 2, OKTOBER 2019

PENGARUH BERMAIN DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK PADA SISWA PAUD DI KOTA CIMAHI

Ecep Supriatna (Bimbingan Konseling IKIP Siliwangi)
Ema Aprianti (PG PAUD IKIP Siliwangi)
Wiwin Yuliani (Bimbingan Konseling IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya permainan terhadap perkembangan anak. Tujuan penelitian untuk menyelidiki dampak permainan terhadap keterampilan sosial. Penelitian ini menggunakan desain survei deskriptif. Hasil pengambilan sampel ini didapatkan tiga PAUD yang ada di Cimahi. Pengambilan sampel acak sederhana Kuesioner disebarkan kepada para guru terkait pengumpulkan informasi demografis responden dan pengaruh permainan terhadap keterampilan sosial. metode ini melibatkan pengamatan untuk mengumpulkan data mengenai ketersediaan media bermain, dan interaksi siswa dengan media bermain, dan teman sebaya selama kegiatan bermain. Berdasarkan hasil penelitian bahwa ketersediaan materi bermain memiliki hubungan dengan keterampilan sosial. Hasil penelitian menunjukan keterlibatan guru memiliki pengaruh penting dalam mengembangkan keterampilan sosial anak. Selain itu anak-anak yang terlibat dalam berbagai jenis permainan dapat mempengaruhi meningkatkan keterampilan sosial mereka. Semakin banyak jenis permainan yang dimainkan semakin baik.Kata kunci : Bermain, Anak, Keterampilan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tunas-siliwangi

Publisher

Subject

Education

Description

Tunas Siliwangi Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and Preschool Education study program of STKIP Siliwangi Bandung on current science issues, namely: -Teacher of Early Childhood Education Programs. -Observers and Researchers of Early Childhood Education ...