Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung
Vol 5, No 2 (2019): VOL 5 NO 2, OKTOBER 2019

PELATIHAN MEDIA “KARTU BINTANG” UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HUBUNGAN ORANG TUA DAN ANAK

Maya Maysita Suherman (Program Studi BK IKIP Siliwangi)
Siti Fatimah (Program Studi BK IKIP Siliwangi)
Euis Eti Rohaeti (Program Studi Matematika IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2019

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk membantu guru di sekolah dasar dalam membangun hubungan orang tua dan anak sebagai bentuk kerjasama antara orang tua dan guru melalui media “kartu bintang” dalam meningkatkan kualitas hubungan orang tua dan anak. Dalam pelatihan ini, metode yang digunakan yaitu metode ceramah untuk memberikan penjelasan tentang media “kartu bintang”, metode yang kedua yaitu tanya jawab sebagai wadah untuk sharing dan berbagi ilmu serta pengalaman seputar cara meningkatkan kualitas hubungan orang tua dan anak di rumah, dan yang terakhir yaitu mengadakan sosialisai dan pelatihan tentang cara penggunaan media “kartu bintang”. Sebagai mitra dalam kegiatan ini adalah Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta. Dengan target luaran yakni guru di sekolah dasar khususnya wali kelas mampu membuat program bimbingan dan konseling berupa kegiatan kegiatan yang menggunakan media kreatif sebagai salah satu bentuk menjaga dan meningkatkan kualitas hubungan orang tua dan anak. Dan juga dari kegiatan ini diharapkan siswa dapat mengembangkan potensi dirinya kearah yang lebih positif. Hubungan orang tua dan anak dapat lebih dekat dengan adanya kegiatan sederhana yang dilakukan setiap harinya.Kata Kunci: Media Kartu Bintang, Kualitas Hubungan, Orang Tua dan Anak

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tunas-siliwangi

Publisher

Subject

Education

Description

Tunas Siliwangi Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and Preschool Education study program of STKIP Siliwangi Bandung on current science issues, namely: -Teacher of Early Childhood Education Programs. -Observers and Researchers of Early Childhood Education ...