Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah
Vol 9, No 1 (2020)

Gerak Sejarah Integratif-Multidimensional: Warisan Sartono Kartodirdjo Bagi Filosofi Pendidikan Sejarah Menuju Society 5.0

Djono Djono (Universitas Sebelas Maret)
Hermanu Joebagio (Universitas Sebelas Maret)
Nur Fatah Abidin (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2020

Abstract

Tulisan ini berupaya mengumandangkan kembali warisan pemikiran Sartono Kartodirdjo sebagai kerangka filosofi pendidikan sejarah (philosophical  framework of history education) dan historigrafi sekolah (school historiography). Metode peninjauan dilakukan dengan pembacaan terhadap tulisan dan karya Sartono Kartodirdjo untuk mengungkap logika narasi (narrative logic) yang dikembangkannya untuk menarasikan sejarah Indonesia. Berdasarkan pembacaan karya Sartono Kartodirdjo, peneliti menggaris bawahi pendekatan gerak sejarah integratif berperspektif multidimensional sebagai jalan tengah bagi kontestasi filosofi Pendidikan sejarah di Indonesia. Melalui pendekatan ini setidaknya dua arah landasan filosofis Pendidikan sejarah yaitu penguatan kebangsaan dan tuntutan pengembangan pengetahuan kesejarahan bagi masyarakat Indonesia dapat disejajarkan secara proporsional dalam ruang Pendidikan Sejarah. Dalam konteks pendidikan sejarah di era Society 5.0, gagasan gerak sejarah integratif dan perspektif multidimensional tersebut dapat menjadi landasan filosofis dan arah pembelajaran sejarah yang memberikan ruang seimbang bagi penguatan identitas nasional dan kemampuan berfikir ilmiah peserta didik.Kata kunci: Pendidikan Sejarah, Sartono Kartodirdjo, filosofi pendidikanThis paper seeks to reiterate the legacy of Sartono Kartodirdjo's thought as a philosophical framework of historical education (philosophical framework of history education) and school history (school historiography). The review method was carried out by reading the writings and works of Sartono Kartodirdjo to reveal the narrative logic he developed to narrate the history of Indonesia. Based on the reading of Sartono Kartodirdjo's work, the researcher underlined the multidimensional perspective of integrative historical motion approaches as a middle ground for the contestation of the philosophy of historical education in Indonesia. Through this approach, at least two directions of the philosophical foundation of historical education, namely the strengthening of nationality and the demand for thedevelopment of historical knowledge for the Indonesian people, can be aligned proportionally in the Historical Education space. In the context of history education for Society 5.0, the concept of integrative historical movement can be a philosophical foundation that lead future direction of history learning to give an equal opportunity to strengten the national identity as well as the scientific thinking skills of the students.Keywords: Historical Education, Sartono Kartodirdjo, Philosophy of Education

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

criksetra

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, (P-ISSN: 1978-8673 dan E-ISSN: 2656-9620) merupakan jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Sriwijaya yang mempublikasikan hasil penelitian Pendidikan Sejarah, Kajian Ilmu Sejarah dan Ilmu Sosial Budaya dalam Pendidikan Sejarah. Jurnal ini ...