Bahasa: Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 2 No 1 (2020): Januari 2020

METODE CIRC UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN MENELAAH TEKS PIWULANGAN SERAT WULANGREH PUPUH GAMBUH

Cahyono, Bambang (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui keaktifan belajar siswa selama proses pembelajaran teks pembelajaran pada umumnya, sehingga metode pembelajaran ini mendorong siswa untuk belajar bekerjasama yang bersifat konstruktif, saling menghargai, dan menghindari egoisme yang cenderung menonjolkan diri. Pada siklus I siswa yang menunjukkan keaktifan tinggi adalah 78% dan pada siklus II mencapai 100%; (2) Metode pembelajaran CIRC memberikan kemudahan kepada siswa untuk memahami isi teks piwulangan Serat Wulangreh Pupuh Gambuh, suasana  kelas menjadi kondusif untuk melakukan transfer ilmu. Sumber belajar tidak terfokus pada guru semata, tetapi didapatkan dari interaksi antar siswa yang ada, sehingga  metode pembelajaran CIRC efektif piwulangan Serat Wulangreh Pupuh Gambuh dengan menggunakan metode CIRC pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ambal Kabupaten Kebumen semester I Tahun Pelajaran 2019/2020; (2) Mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran teks piwulangan Serat Wulangreh Pupuh Gambuh  dengan menggunakan metode CIRC pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ambal Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan prosedur penelitian: persiapan, pelaksanaan, pengamatan/evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara,  dan penugasan. Teknik validitas menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) Metode pembelajaran CIRC mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa selama proses belajar-mengajar berlangsung. Hal ini dikarenakan siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberikan tugas secara berkelompok. Suasana pembelajaran berbeda dari suasana meningkatkan hasil belajar siswa. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 72% dan pada siklus II mencapai 94%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bahasa

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Focuses on publishing the original research articles, review articles from contributors, and the current issues related to language and literature education, linguistics and ...