JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Vol 5, No 1 (2020): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)

Evaluasi Kurikulum Berbasis Entrepreneur di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Surakarta

Suci, Puji Hujria (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi (evaluation research) dengan menggunakan model CIPP (context, input, process, product). Penelitian ini dilaksanakan pada SMK N 4 Surakarta. Kurikulum entrepreneur diterapkan pada kompetensi keahlian Tata Busana dan Tata Boga. Populasi pada penelitian ini terdiri dari guru produktif sebanyak 38 responden, siswa kelas entrepreneur sebanyak 132 siswa dan siswa non entrepreneur (Kecantikan dan Perhotelan) sebanyak 108 responden sehingga total responden dari siswa sebanyak 240 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, chek list, dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan dengan validitas isi yaitu expert judgement. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji perbandingan antara siswa entrepreneur dengan siswa non entrepreneur (Kecantikan dan Perhotelan) dengan mengunakan uji Chi-square. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1)  Kriteria Context, Input, Process, Product yang di peroleh dari Angket A (Respon guru) dan angket B ( Respon siswa) Berdasarkan nilai Skweness menunjukan hasil yang baik dan perlu dipertahankan, (2) hasil perbandingan siswa entrepreneur dengan siswa non entrepreneur dengan uji Chi-square dari kriteria input, process, product menunjukan perbedaan yang signifikan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrti

Publisher

Subject

Education

Description

JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) ISSN: 2502-079X (Print), ISSN: 2503-1619 (Electronic) is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education research. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics that are of local and ...