Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)
Vol 4, No 1 (2020): Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit (MARSI)

Analisis Ketidaksesuaian Jumlah Kunjungan Pasien Jaminan BPJS Dengan Jumlah Yang Diterima Verifikator Internal Di Rawat Jalan RSUD Koja

Warni Warni (Universitas Respati Indonesia)
Tri Budi W. Rahadjo (Universitas Respati Indonesia)
Supriyantoro Supriyantoro (Universitas Respati Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2020

Abstract

Proses klaim BPJS menjadi sangat penting karena sumber utama pendapatan rumah sakit tersebut adalah melalui pasien BPJS. Kegagalan proses klaim dikarenakan berkas yang dinyatakan tidak layak oleh BPJS menimbulkan dampak yang cukup besar bagi pengelolaan keuangan RSUD Koja. Terjadinya ketidaksesuain berkas klaim yang cukup tinggi berpotensi mengakibatkan kehilangan pendapatan rumah sakit yang cukup signifikan hal ini disebabkan oleh berberapa faktor antara lain  monitoring yang tidak terpantau terkait alur berkas klaim pasien BPJS. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Pada penelitian ini, setelah peneliti mengumpulkan data dalam bentuk hasil wawancara, dokumentasi, dan FGD maka untuk selanjutnya data tersebut akan dianalisis lebih mendalam lagi sehingga membentuk suatu kesimpulan. Pengambilan data dengan dua cara, data primer degan wawancara mendalam dan FGD ( Focus Group Discussion )  bertujuan untuk mencari penyebab ketidaksesuaian jumlah kunjungan dengan jumlah yang di verifikasi oleh verifikator internal dan data sekunder dengan telaah dokumen dari data Rekam Medis dan data Keuangan RSUD Koja Hasil penelitian ini adalah bahwa terbukti setiap bulan selalu terdapat selisih jumlah berkas pasien rawat jalan penjamin BPJS disebabkan oleh 2 hal, karena kunjungan pasien yang banyak dan factor dari SDM yang terkait yaitu ketidaklengkapan resume medis, kurang telitinya petugas, kurangnya pengetahuan petugas, ketidakseragaman informasi terkait SOP dan peraturan yang belaku serta overload berkas pasien yang tidak diiringi dengan kesesuaian jumlah petugas. Kesimpulan dari penenlitian ini adalah keterlambatan pengisian resume medis, SDM kurang teliti, kepatuhan menjalankan SOP, ketidakseragaman informasi serta overlood pasien dirawat jalan merupakan penyebab ketidaksesuaian jumlah kunjungan pasien dengan jumlah yang diterima verifikator internal yang berpengaruh pada penurunan pendapatan Rumah Sakit.  Kata kunci : Kunjungan Pasien Rawat Jalan, Berkas Klaim, Verifikator Internal, Ketidaksesuaian jumlah 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

MARSI

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Health Professions

Description

MARSI (Indonesian Hospital Administration and Management Journal) focuses on research and review of research related to hospital management that is relevant for the development of hospital management theories and practices in Indonesia and Southeast Asia. MARSI covers a variety of research ...