Source: Jurnal Ilmu Komunikasi
Source : Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 6 Nomor 1 April 2020

DAMPAK SOSIAL TEKNOLOGI KOMUNIKASI BARU: MEMIKIRKAN ULANG KONSEP COPYRIGHT DI INTERNET

Abdul Wahid (Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2020

Abstract

Permasalahan hak cipta terus melahirkan perdebatan cukup panjang sejak gagasan ini pertama kali dikenalkan pada abad 18. Beberapa aspek seperti diversitas budaya, penyebaran pengetahuan, fair use, kontrol dan monopoli karya, sampai durasi berlakunya hak cipta merupakan domain permasalahan yang masih diberdebatkan hingga saat ini. Aktivitas saling berbagi antar pengguna (peer to peer) di internet dinilai sebagai pelanggaran hak cipta. Padahal, aktivitas tersebut juga dilakukan dalam dunia nyata sebagai bentuk penggunaan wajar, sama seperti meminjamkan buku yang telah dibeli.  Jika kegiatan saling berbagi antar pengguna di internet ini didefinisikan sebagai pelanggaran hak cipta, maka sebenarnya di ranah media baru hukum bekerja secara lebih dalam; mengatur kebiasaan yang tidak diatur dalam kehidupan nyata. Melihat permasalahan tersebut, paper ini berusaha menganalisis dengan fokus spesifik: meninjau ulang konsep hak cipta dalam media baru. Tesis utama dari paper ini berusaha untuk mengkontekstualisasikan isu hak cipta sesuai dengan era perkembangan dan inovasi teknologi yang tak terelakkan. Untuk itu, beberapa hal akan dijabarkan; dampak sosial teknologi komunikasi, konteks sosial perkembangan internet, teknologi dan karya cipta, copyright, dan kritik terhadap copyright. Tinjauan kritis ini akan melahirkan gagasan alternatif mengenai konsep copy right ketika diterapkan dalam media baru.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jsource

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

SOURCE is an open access, and peer-reviewed journal. Our main goal is to disseminate current and original articles from researchers and practitioners on various contemporary social and political issues: media and journalism, new media and communication technologies, cultural communications, public ...