Integral : Pendidikan Matematika
Vol 10 No 02 (2019): INTEGRAL

ENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KECERDASAN LOGIKA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

A Maulana (Pendidikan Matematika (STKIP Banten))
Suryadi Suryadi (Pendidikan Bahasa Inggris (STKIP SITUS BANTEN))



Article Info

Publish Date
13 Feb 2020

Abstract

ABSTRACT The research objectives are; 1) to determine the effect of learning independence on mathematics learning achievement. 2) to determine the effect of logical intelligence on mathematics learning achievement. 3) to find out simultaneously the effect of learning independence and intelligence of students on mathematics learning achievement. 4) to find out the correlation between learning independence and student logic intelligence on Mathematics learning achievement. The method used is descriptive verification method with ex post facto and survey approaches. The instrument used was a questionnaire that was distributed to students. The results of the study are; 1) there is an influence of learning independence on Mathematics learning achievement.2) there is an influence of students' logic intelligence on Mathematics learning achievement.3) there is an influence of learning independence and intelligence of student logic on Mathematics learning achievement. 4) there is a correlation between learning independence and student logic intelligence on Mathematics learning achievement. Keywords: learning independence, logical intelligence,learning achievement of Mathematics ABSTRAK Tujuan penelitian adalah; 1) untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika. 2) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logika terhadap prestasi belajar Matematika. 3) untuk mengetahui secara simultan pengaruh kemandirian belajar dan kecerdasaan logika siswa terhadap prestasi belajar Matematika. 4) untuk mengetahui korelasi antara kemandirian belajar dan kecerdasan logika siswa terhadap prestasi belajar Matematika. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner yang dibagikan kepada siswa. Hasil penelitian adalah; 1) terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar Matematika.2) terdapat pengaruh kecerdasan logika siswa terhadap prestasi belajar Matematika.3) terdapat pengaruh kemandirian belajar dan kecerdasaan logika siswa terhadap prestasi belajar Matematika. 4) terdapat korelasi antara kemandirian belajar dan kecerdasan logika siswa terhadap prestasi belajar Matematika. Kata kunci: Kemandirian Belajar, Kecerdasan logika, Prestasi Belajar Matematika.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JNR

Publisher

Subject

Mathematics

Description

INTEGRAL: Jurnal Pendidikan Matematika berisi artikel-artikel mengenai isu-isu pendidikan matematika yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dan kajian pustaka dalam bidang ...