Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 7, No 1 (2020): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN KNOW WANT TO KNOW LEARNED (KWL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SD NEGERI UJONG FATIHAH NAGAN RAYA

Nova Wardah (Unknown)
Febry Fahreza (Unknown)
Cut Eva Nasryah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2020

Abstract

ABSTRAK: Kebanyakan dari siswa kelas IV SD Negeri Ujong Fatihah Nagan Raya kurang antusias dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang kurang memperhatikan pada saat guru menyampaikan materi. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah cara penyampaian materi yang dilakukan oleh guru masih monoton, sehingga membuat siswa merasa bosan dan tidak jarang siswa yang jatuh nilainya pada saat diadakan evaluasi hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran Know Want to Know Learned (KWL) terhadap hasil belajar siswa pada tema indahnya kebersamaan di Kelas IV SD Negeri Ujong Fatihah Nagan Raya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 24 orang, yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar siswa setelah penerapan metode pembelajaran Know Want to Know Learned (KWL) adalah 79,2% atau 19 siswa yang sudah tuntas, sedangkan yang tidak tuntas hanya ada 5 siswa atau 20,8% dengan nilai rata-rata siswa yang diperoleh adalah 76,46. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Know Want to Know Learned (KWL) efektif digunakan terhadap hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri Ujong Fatihah Nagan Raya pada tema indahnya kebersamaan. Kata Kunci :Efektifitas, Know Want to Know Learned, Hasil Belajar Siswa, Indahnya Kebersamaan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Other

Description

Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret ...