Jurnal Tecnoscienza
Vol. 4 No. 2 (2020): TECNOSCIENZA

Pemanfaatan Angin di Gedung UNISMA Sebagai Energi Alternatif Pengerak Wind Turbine Type Savonius Pada Pengembangan Media Pembelajaran

Unung Lesmanah (Universitas Islam Malang)
Sugiono Sugiono (Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
08 May 2020

Abstract

Pemanfaatan angin sebagai sumber tenaga energi alternatif telah banyak digunakan di berbagai belahan dunia pada saat ini, namun di Indonesia hal ini belum banyak dimanfaatkan, padahal dengan contour geologis di Indonesia yang bergunung dan bukit ini akan banyak menimbulkan angin. Dengan Vertical Axis Wind Turbine, yaitu type Savonius, angin dikonversi menjadi energi listrik. Cara kerja dari Vertical Axis Wind Turbine mengkonversi energi angin menjadi energi listrik adalah ketika angin berhembus turbin angin dipasang pada arah aliran angin sehingga angin menabrak sudu - sudu turbin tersebut sehingga turbin angin berputar, kemudian putaran dari turbin angin diteruskan ke generator untuk diubah menjadi energi listrik. Pada penelitian ini difokuskan angin yang berhembus di lantai 7 Gedung Unisma, dengan harapan penambah wawasan ke mahasiswa bagaimana turbin angin merupakan suatu alat yang mampu mengubah energi angin menjadi energi mekanik dan selanjutnya diubah menjadi energi listrik melalui generator. Hasi penelitian ini, sebuah turbin angin sebagai media pembelajaran dan data yang diperoleh dari hasil pengamatan kecepatan angin 3 m/s, 4,2 m/s dan 5,1 m/s yang menghasilkan daya angin 5,103 Watt, 14,003 Watt, 25,07 Watt. Daya turbin yang dihasilkan 1,79 Watt, 4,901 Watt, 8,775 Watt, sedangkan daya listrik yang diperoleh 1,2888 Watt, 3,5288 Watt dan 6,3184 Watt. Kata kunci: Turbin Angin Type Savonius, Angin

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

TECNOSCIENZA

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Engineering Mathematics Other

Description

TECNOSCIENZA is an academic journal on the issued related to engineering, earth science, and technology. Published actually in April and October. It is open to all scientist, researchers, education practitioners, and other scholar. Therefore this journal welcomes to various topics that have recieved ...