Penelitian ini merupakan penilitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar perkuliahan Pengantar Dasar Matematika berbasis buku teks yang layak untuk menumbuhkan kemandirian belajar mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari Sugiyono dengan melalui beberapa tahap yaitu: tahap potensi dan masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain, tahap validasi pakar, tahap uji coba skala kecil dan besar, serta tahap uji efektifitas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian pengembangan ini adalah angket dan lembar observasi. Adapun hasil penelitiannya adalah produk yang dihasilkan berupa bahan ajar Pengantar Dasar Matematika berbasis teks layak digunakan dan dapat menumbuhkan kemandirian belajar mahasiswa pendidikan matematika. Hal ini berdasarkan analisis data para ahli yaitu ahli materi masing-masing diperoleh persentase 86,11% dengan kriteria sangat layak, ahli penyajian masing-masing diperoleh 84,38% dan 81,25% dengan kriteria sangat layak, dan ahli bahasa diperoleh persentase 87,5% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil analisis data tanggapan mahasiswa pada uji coba skala besar diperoleh bahwa sebanyak 80,33% yang menyatakan bahwa bahan ajar Pengantar Dasar Matematika berbasis buku teks sangat baik. Dan dengan menggunakan buku teks tersebut dapat menumbuhkan kemandirian belajar mahasiswa.
Copyrights © 2019