Jurnal Serunai Matematika
Vol 12, No 1 (2020): JURNAL SERUNAI MATEMATIKA (MARET 2020)

PENGARUH PENGGUNAAN METODE QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI FUNGSI DAN RELASI DENGAN MNGGUNAKAN ALAT PERAGA DI KELAS X SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Rio Pramudya (STKIP BUDIDAYA BINJAI)
Ice Wirevenska (Unknown)
Dewi Rulia Sitepu (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode quantum learning dengan menggunakan alat peraga terhadap kemampuan komunikasi  matematis siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen (eksperimen semu) dan desain yang digunakan adalah pretest- posttest control goup design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-1 AK sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-2 AK sebagai kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 30 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata kemampuan komunikasi  matematis siswa kelompok kelas eksperimen setelah mengikuti serangkaian proses pembelajaran dengan metode quantum learning dan alat peraga mengalami peningkatan yang sangat signifikan yakni 40,3 meningkat menjadi 82.2 dan tidak terdapat peningkatan yang signifikant pada kelompok kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional yakni 41,47 menjadi 43,87. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat  pengaruh metode quantum learning dengan menggunakan alat peraga terhadap kemampuan komunikasi  matematis siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat tahun pelajaran 2019/2020.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jf

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Jurnal Serunai Matematika adalah jurnal yang berisi karya ilmiah yang berhubungan dengan pendidikan ...