Joined Journal (Journal of Informatics Education)
Vol 2 No 2 (2019): Volume 2 Nomor 2 (2019)

IMPLEMENTASI ADAPTIVE HYPERMEDIA SYSTEM BERBASIS MOODLE UNTUK MENGATASI KERAGAMAN GAYA BELAJAR PADA PENDIDIKAN VOKASI

Sudomo, R Irlanto (Unknown)
Setiawan, Toni (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Adaptive Hypermedia System Berbasis Moodle dilihat dari aspek: (1) Keragaman Gaya Belajar siswa berupa Visual,  Auditory Kinestetik (2) Perencanaan pembelajaran, (3) Pelaksanaan pembelajaran, (4) Sistem penilaian. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian yang dilakukan berupaya mendeskripsikan secara jelas mengenai implementasi Hypermedia System Berbasis Moodle di Universitas IVET. Subjek penelitian adalah sekretaris program studi Pendidikan Teknik Mesin konsentrasi Otomotif (PTM-O) dosen, pengelola bagian TI dan mahasiswa yang sudah memanfaatkan Hypermedia System Berbasis Moodle pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin konsentrasi Otomotif Universitas Ivet. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah 1) metode observasi, 2) metode wawancara, 3) metode dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik trianggulasi metode dan sumber. Hasil penelitian: (1) gaya belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin konsentrasi Otomotif (PTM-O) memiliki latar belakang pendidikan yang heterogen (2) Perencanaan Adaptive Hypermedia System Berbasis Moodle meliputi mempersiapkan Sarana dan prasarana berupa komputer yang ada di laboratorium komputer sebanyak 33 unit, beserta jaringan internet yang tersedia dengan kecepatan 50 mbps. (3) Pelaksanaan pembelajaran dosen melakukan aktifitas pembelajaran sesuai dengan mata kuliah yang diampu. Dosen mengunggah materi pada setiap pertemuan. (4) Sistem Penilaian dalam pembelajaran Adaptive Hypermedia System Berbasis Moodle bisa dilakukan menggunakan quiz.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jiptika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Engineering Other

Description

The scope of this journal specializes in topics related to Informatics Education, learning using information technology, and innovation in other informatics ...