JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains)
Vol 6, No 2 (2017)

PENGARUH PENGGUNAAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE CONNECTED TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SISWA SMP NEGERI 2 KELUMPANG TENGAH

Ningsih, Ristati (Unknown)
Susantini, Endang (Unknown)
Sugiarto, Bambang (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan perangkat pembelajaran IPA Terpadu tipe connected terhadap kompetensi pengetahuan dan keterampilan siswa SMP Negeri 2 Kelumpang Tengah. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu one-group pretest-posttest design dengan menggunakan satu kelompok subjek yaitu siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Kelumpang Tengah sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran IPA Terpadu tipe connected berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam: (1) meningkatkan kompetensi pengetahuan siswa dengan skor N-Gain berkategori tinggi; dan (2) mencapai ketuntasan indikator kompetensi keterampilan siswa yaitu dengan rata-rata kelas sebesar 89 atau berkategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan perangkat pembelajaran IPA Terpadu tipe connected dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan dan mencapai ketuntasan indikator kompetensi keterampilan siswa SMP Negeri 2 Kelumpang Tengah.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpps

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) is one of the research journals in the education field which includes science, physics, chemistry, and biology education. JPPS also contains articles that discuss the latest issues about ...