Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru PAUD dan orang tua dalam mengantisipasi penyelenggaraan tes baca tulis Desain peneletian ini adalah studi kasus. Maraknya penyelenggaraan tes membaca dan menulis di sekolah dasar dalam beberapa tahun terakhir ini, sebagai syarat penerimaan siswa baru. Adanya ketidak selarasan antara penyelenggaraan test baca tulis di sekolah dasar dengan kurikulum PAUD. Adanya upaya antasipasi orang tua terhadap penyelenggaran test baca tulis di sekolah dasar yaitu: dengan adanya penyelenggaran test baca tulis di sekolah dasar ini menjadi memberatkan orang tua, di sisi lain itu menjadi sesuatu kewajiban. Orang tua tidak mempunyai pilihan lain, untuk hal itu orang tua mempunyai strategi tersendiri dengan memperkenalkan buku cerita dan membiasakan untuk dibacakan buku cerita sebelum tidur,. Begitupun dengan upaya guru PAUD mengantisipasi terhadap penyelenggaran test baca tulis di sekolah dasar dengan membiasakan setiap minggunya dibacakan cerita melalui cerita bergambar dan mengajarkan calistung menggunakan metode cantol roudhoh.
Copyrights © 2020