SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL
Vol 7 No 1 (2018): SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL

PEMBELAJARAN MENULIS KARYA ILMIAH BERBASIS DEEP DIALOGUE/CRITICAL THINKING

Harwanti Noviandari (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Banyuwangi)
Meiliana Eka Fratiwi (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Banyuwangi)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2019

Abstract

Kendala yang kerap ditemukan dalam pembelajaran menulis karya iilmiah diperguruan tinggi adalah menemukan, memilih, memerinci, danmengembangan topik menjadi tulisan. Beberapa semester terakhir, penulismenggunakan teknik deep dialogue/critical thinking (DD/CT) untukmembimbing mahasiswa mengatasi kesulitan tersebut. Prinsip yangdikembangkan dalam DD/CT, antara lain: adanya komunikasi dua arah danprinsip saling memberi yang terbaik, menjalin hubungan kesederajatan dankeberadaban antara dosen dan mahasiswa, serta empatisitas yang tinggi.Dengan demikian, DD/CT mengandung nilai-nilai demokrasi dan etis untukmewujudkan ide dalam tulisan yang sistematis. Data diambil denganmenggunakan metode PTK. Berdasarkan tiga kali siklus classroom actionresearch ditemukan hasil yaitu: (1) DD/CT dapat meningkatkan antusiasselama proses pembelajaran menulis karya ilmiah; (2) DD/CT dapatmengoptimalisasikan potensi inteligensi mahasiswa untuk menemukan,memilih, memerinci, dan mengembangkan topik dengan format dan kaidahpenulisan yang benar; (3) mental, emosional, dan spiritual mahasiswaberkembang seimbang selama dialog berlangsung; (4); mahasiswa dan dosendapat menjadi pendengar, pembicara, penulis, dan pemikir yang baik; dan (5)model pembelajaran ini dapat diimplementasikan dalam kehidupansehari-hari karena lebih menekankan pada nilai, sikap dan kepribadian(sportifivitas). Dengan demikian pembelajaran berbasis DD/CT dapatmeningkatkan hard skill dan soft skill dalam menulis karya ilmiah maupunmengomunikasikannya secara lisan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sosioedukasi

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

urnal sosioedukasi (e-ISSN: 2541-612X, Print ISSN 2086-6135) diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Banyuwangi, diterbitkan dua kali setahun pada bulan mei dan november. fokus Scientific Journals of Education and Social. Jurnal sosioedukasi mencakup semua bidang dan ...