Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran pelaksanaan bimbingan kelompok di sekolah, memperoleh gambaran kondisikepercayaan diri siswa, untuk mengetahui efektifitas pelaksanaanbimbingan kelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkankepercayaan diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitiankuantitatif dengan subjek penelitian berjumlah 8 orang yang dipilih denganteknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bimbingankelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkan kepercayaan dirisiswa terbukti efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Hal iniditunjukkan dengan hasil analisis t-test dari perhitungan skala kepercayaandiri pada skor total siswa sebelum diberi perlakuan (pre test) dan setelahdiberi perlakuan (post test) diperoleh nilai probabilitas dibawah 0,05(0,006<0,05). Disarankan kepada guru bimbingan dan konseling untukselalu meningkatkan kompetensi sebagai praktisi BK, dan modelbimbingan kelompok dengan teknik modeling dapat dijadikan salah satumodel layanan dalam membantu siswa meningkatkan kepercayaan dirinya.
Copyrights © 2018