SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL
Vol 7 No 1 (2018): SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL

FEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA

Miyaningrum Miyaningrum (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Banyuwangi)
Harwanti Noviandari (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Banyuwangi)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran pelaksanaan bimbingan kelompok di sekolah, memperoleh gambaran kondisikepercayaan diri siswa, untuk mengetahui efektifitas pelaksanaanbimbingan kelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkankepercayaan diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitiankuantitatif dengan subjek penelitian berjumlah 8 orang yang dipilih denganteknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bimbingankelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkan kepercayaan dirisiswa terbukti efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Hal iniditunjukkan dengan hasil analisis t-test dari perhitungan skala kepercayaandiri pada skor total siswa sebelum diberi perlakuan (pre test) dan setelahdiberi perlakuan (post test) diperoleh nilai probabilitas dibawah 0,05(0,006<0,05). Disarankan kepada guru bimbingan dan konseling untukselalu meningkatkan kompetensi sebagai praktisi BK, dan modelbimbingan kelompok dengan teknik modeling dapat dijadikan salah satumodel layanan dalam membantu siswa meningkatkan kepercayaan dirinya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sosioedukasi

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

urnal sosioedukasi (e-ISSN: 2541-612X, Print ISSN 2086-6135) diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Banyuwangi, diterbitkan dua kali setahun pada bulan mei dan november. fokus Scientific Journals of Education and Social. Jurnal sosioedukasi mencakup semua bidang dan ...