Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif
Vol 2 No 1 (2016): manajemen & bisnis kreatif

Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan (Studi kasus pada PT. Concord Indonesia)

Budi Rismayadi (Unknown)
Mumun Maemunah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2016

Abstract

Abstrak Rendahnya kinerja Perusahaan PT. Concord Indonesia di Kabupaten Karawang diduga disebabkan oleh Motivasi Kerja, Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Karyawan yang relatif masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan, dan Budaya Organisasi secara parsial maupun simultan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Karyawan secara parsial maupun simultan terhadap kinerja perusahaan. Populasi dalam penelitian ini sebesar 245 karyawan PT. Concord Indonesia di Kabupaten Karawang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey deskriptif dan survey eksplanatori dengan ukuran sampel sebesar 245 responden, serta metode analisis data yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modeling). Berdasarkan hasil penelitian, didapat temuan bahwa Motivasi Kerja dan Budaya Organisasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan, tetapi variable Kepemimpinan tidak signifikan berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja Karyawan, meskipun demikian secara simultan ketiga variable tersebut terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Budaya Organisasi secara parsial merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Motivasi Kerja, Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Karyawan secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan. Budaya organisasi secara parsial merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan juga bahwa Kepuasan Kerja Karyawan merupakan variabel Partial mediating pada pengaruh Motivasi Kerja, kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap kinerja Perusahaan. Kata Kunci: Motivasi Kerja, Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja Karyawan, Kinerja Perusahaan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif Dikelola oleh program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Buana Perjuangan Karawang. Ruang lingkup jurnal adalah manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen operasi dan bisnis ...