Edukasi Kultura
Vol 3, No 1 (2016): JURNAL EDUKASI KULTURA

HUBUNGAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF DENGAN KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF SISWA KELAS VIII SMP PENCAWAN MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012-2013

Laura Mayasari Gurusinga (Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca intensif dengan kemampuan menemukan ide pokok paragraf. Hasil analisis data yang diperoleh berdistribusi normal dengan hasil rata-rata yang diperoleh siswa)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antaraketerampilan membaca intensif dengan kemampuan menemukan ide pokok paragraf.Hasil analisis data yang diperoleh berdistribusi normal dengan hasil rata-rata yangdiperoleh siswa dalam tes membaca intensif 65,83 dan menemukan ide pokok 66.54.Teknik uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistikkorelasi product momen dari Karl Person. Hasil analisis korelasi menunjukkanbahwa 81.5% kemampuan menemukan ide pokok dipengaruhi oleh keterampilanmembaca intensif dan selebihnya sebesar 18.5 % dipengaruhi oleh faktor lain.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

kultura

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edukasi Kultura merupakan jurnal elektronik dan cetak nasional yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan bahasa, sastra, dan budaya. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia PPs Universitas Negeri Medan. ...