JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha
Vol 9, No 2 (2018)

PENGARUH PERSEPSI KESESUAIAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PEMAHAMAN GOOD GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PENGAWAS KOPERASI DI KABUPATEN BULELENG DENGAN SELF-EFFICACY SEBAGAI PEMODERASI

Riantika, Ni Putu Rini (Unknown)
Prayudi, Made Aristia (Unknown)
Sari Dewi, Gusti Ayu Ketut Rencana (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2018

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kesesuaian tingkat pendidikan dan pemahaman good governance terhadap kinerja pengawas  koperasi di Kabupaten Buleleng dengan self-efficacy sebagai pemoderasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan data primer berupa kuesioner yang diukur menggunakan skala ordinal. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pengawas koperasi di Kabupaten Buleleng yang sudah melaksanakan RAT untuk tahun buku 2017 yaitu sebanyak 663. Proporsi sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sejumlah 249 pengawas koperasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda dan moderated regression analysis dengan menggunakan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi kesesuaian tingkat pendidikan berpengaruh positif terhadap kinerja pengawas koperasi, (2) pemahaman good governance berpengaruh positif terhadap kinerja pengawas koperasi, (3) self-efficacy dapat memperkuat hubungan positif antara persepsi kesesuaian tingkat pendidikan dan kinerja pengawas koperasi, (4) self-efficacy dapat memperkuat hubungan positif antara pemahaman good governance dan kinerja pengawas koperasi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

S1ak

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

IMAT ( Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi ) Undiksha provides a medium for disseminating novel articles related to economy and business among international academics, practitioners, regulators, and public. JIMAT accepts articles any research methodology that meet the standards established for ...