Dinamika Bahari: Journal of Maritime Dynamic
Vol 8 No 1 (2017): Edisi Oktober 2017

ANALISIS PENYEBAB KEGAGALAN PEMBAKARAN PADA BURNER BOILER DI ATAS KAPAL

Victoria Handiyan (PIP Semarang)
Febria Surjaman (PIP Semarang)
Sri Purwantini (PIP Semarang)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2017

Abstract

Auxilary Boiler (ketel uap bantu) merupakan mesin yang digunakan untuk memproduksiuap bertekanan yang sangat dibutuhkan di kapal, diantaranya untuk pemanas bahan bakar,minyak lumas, dan pemanas air untuk akomodasi maupun permesinan. Jenis dari ketel uap iniada dua yaitu ketel pipa air dan ketel pipa api. Pada kapal MV. Ultra Cory menggunakan jenispipa air. Boiler agar bekerja secara optimal harus didukung oleh beberapa faktor, diantaranyayang paling penting adalah faktor pembakaran. Burner merupakan komponen utama dalampembakaran sering mengalami masalah. Maka dari itu perlu diketahui hal apa saja yangmenjadi penyebab kegagalan penyalaan Burner tersebut. Dalam hal ini penulis menggunakanmetode AHP(Analytical Hierarchy Process), dimana metode ini untuk menentukan faktorpenyebab kegagalan pembakaran pada Burner boiler, yang mana dalam menentukan masalahtersebut akan dicari dengan menentukan nilai tertinggi dari penghitungan matriknya dan nilaieigennya. Pada AHP ini dalam mencari nilai tertinggi akan dibagi dengan beberapa subbagian, yaitu kriteria dan alternatif. Untuk sub kriteria diambil faktor penyetelan, kondisikomponen dan perawatan komponen. Sedangkan untuk sub alternatif diambil dari komponenBurner dan pendukungnya, ignition rod, elektroda, nozzle tip, nozzle pipe dan flame eye.Darishasil analisis tersebut didapatkan bahwa penyebab utama kegagalan pembakaran pada Burneryaitu dari faktor penyetelan pada Burner. Upaya yang dilakuakan agar ketel uap bekerja secaramaksimal yaitu dengan melakukan perawatan, pengecekan, dan perbaikan sesuai denganstandar yang sudah ditentukan oleh manual book terutama dalam faktor pembakaran.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jdb

Publisher

Subject

Education Engineering Environmental Science Mechanical Engineering Transportation

Description

Dinamika Bahari merupakan jurnal berkala bidang nautika, teknika dan tata laksana angkutan laut dan kepelabuhanan yang dimiliki Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang yang terbit 2 kali setahun, yaitu pada bulan Mei dan Oktober. Dinamika Bahari memuat hasil penelitian, ide, dan gagasan dosen, ...