JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan
Vol 3, No 2 (2020)

Pengembangan Virtual Laboratory Pada Praktikum Pemisahan Kimia Terintegrasi Telefon Pintar

Deni Ainur Rokhim (Universitas Negeri Malang)
Muhammad Roy Asrori (Universitas Negeri Malang)
Hayuni Retno Widarti (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
20 May 2020

Abstract

 Abstrak: Inovasi metode pembelajaran di dalam laboratorium telah mengalami perkembangan sangat pesat. Salah satu inovasi tersebut melalui penggunaan kelas virtual laboratorium dalam kelas IPA, seperti halnya pada kelas pemisahan kimia. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menciptakan kreasi media pembelajaran Virtual Laboratory pada praktikum pemisahan kimia terintegrasi android untuk menunjang pembelajaran praktikum, (2) mendeskripsikan uji validitas dan keterbacaan mengenai kreasi media pembelajaran Virtual Laboratory pada praktikum pemisahan kimia terintegrasi telefon pintar. Metode pengembangan yang dipakai yaitu 4-D (four-D). Data yang didapat berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa saran/masukan dari validator dan data kuantitatif berupa angket validasi dan keterbacaan. Hasil validasi menunjukkan bahwa validasi materi sebesar 95% (sangat layak), validasi media 88,5% (sangat layak). Selain itu, hasil uji coba diperoleh sebesar 83,5% (sangat layak). Secara praktis, media yang telah dikembangkan sangat bermanfaat untuk menunjang pembelajaran praktikum.Abstract: Innovation of learning methods in the laboratory has experienced very rapid development. One of these innovations is through the use of virtual laboratory classes in science classes, as well as in chemical separation classes. The purpose of this research is (1) to create a virtual laboratory learning media on chemical separation practicum integrated with the android to support practical learning, (2) to describe the validity and readability test on the creation of the Virtual Laboratory learning media on chemical separation practicum integrated with the android. The development method uses a 4-D (four-D) development model. The data obtained in the form of qualitative and quantitative data. Qualitative data in the form of input from the validator and quantitative data in the form of a validation and readability questionnaire. The validation results show that the material validation is 95% (very feasible), the media validation is 88.5% (very feasible). In addition, the trial results obtained by 83.5% (very feasible).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jktp

Publisher

Subject

Other

Description

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikanis a journal in the field of educational technology which contains literature review, action reserach, case study research, and empirical findings in scientific disciplines of educational technology theories and practices. The covered topics are involved the ...