Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP)
Vol 2 No 2 (2020): Juli

IMPLEMENTASI KEGIATAN MENGGUNTING BENTUK GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA KELOMPOK A USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK

Habibi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motorik halus  melalui kegiatan menggunting bentuk geometri  pada kelompok A usia 4-5 tahun di TK PGRI Bunkate Desa Bunkate tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dimana peneliti sebagai observer dan partisipan. Penelitian ini sebanyak III siklus, pada tiap siklusnya melaksanakan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak RA Jamiatul Mu,min Kelompok A sebanyak 26 orang anak, objek penelitian ini adalah meningkatkan motorik halus melalui kegiatan menggunting bentuk geometri. Hasil pengamatan pada pra tindakan menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak terkait dengan menggunting sangat minim, anak terlihat masih kaku dalam menggunakan gunting, anak belum bisa memposisikan gunting pada jari dengan benar. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I perkembangan motorik halus anak terkait dengan menggunting ketuntasan  klasikal hanya mencapai 38%. Pada siklus ke II guru  memperbaiki kekurangan yang ditemukan pada siklus I diantaraya: mengatur posisi duduk anak lebih baik dan teratur, memberikan pemahaman menggunting agar lebih cepat dan mudah, memberikan motivasi dan penghargaan, meningkatkan bimbingan, media gambar dibuat lebih menarik., sehingga tingkat ketuntasan dapat mecapai 58%. Penelitian dilanjutkan pada siklus III, pada siklus ini anak hanya membutuhkan latihan yang kontinyu untuk melenturkan jemarinya dalam menggunting sehingga mencapai tingkat ketuntasan dengan persentase 77% melebihi standar minimal yaitu 75%. Oleh karna itu dapat disimpulkan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan menggunting bentuk geometri pada kelompok A  tahun ajaran 2018/2019

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian Intervensi Pendidikan (JRIP) adalah jurnal yang dikelola oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram. Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian pada bidang pendidikan yang meliputi (1) hasil penelitian tindakan intervensi kelas, (2) penelitian pengembangan intervensi ...