cover
Contact Name
Uswatun Hasanah
Contact Email
jrip.rekarta@gmail.com
Phone
+6287763212228
Journal Mail Official
jrip.rekarta@gmail.com
Editorial Address
Pusat Penelitian dan Pengembangan Reka Karya Amerta Jln. Darul Hikmah, Geriya Sehati No. 10, Lombok Barat, NTB
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP)
ISSN : 26555026     EISSN : 26552191     DOI : https://doi.org/10.36765/jrip
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian Intervensi Pendidikan (JRIP) adalah jurnal yang dikelola oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram. Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian pada bidang pendidikan yang meliputi (1) hasil penelitian tindakan intervensi kelas, (2) penelitian pengembangan intervensi pendidikan, (3) penelitian implementasi program pendidikan, (4) teknologi pendidikan, dan (5) pendidikan intervensionis lainnya .
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 42 Documents
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA UNTUK MENGEMUKAKAN PENDAPAT MELALUI METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS VI SD Haeriah
Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP) Vol 2 No 1 (2020): Januari
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.975 KB)

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan sarana komunikasi yang mempunyai peran sosial yang penting dalam kehidupan siswa. Mengingat pentingnya manfaat berbicara, pemerintah menaruh perhatian serius terhadap dunia berbicara dan membaca, sehingga dalam penyampaikan suatu gagasan yang bisa mengembangkan pemikiran dan ide dalam bericara. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data yakni metode observasi, metode tugas, dan metode dokumentasi. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan metode deskreptif kuantitatif untuk memperoleh pengelompokan kemampuan dalam keterampilan berbicara yang berkemampuan tinggi, sedang, rendah dan IPK. Berdasarkan hasil analisis data secara individual pada pembelajaran berbicara tanpa menggunakan metode diskusi dengan kemampuan tinggi sebanyak 12 orang siswa dengan jumlah persentase 44,4%, tingkat kemampuan sedang dengan jumlah siswa 15 orang siswa dengan persentase 55,5% dengan IPK 65,51% pada kategori sedang. Sedangkan kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara dengan menggunakan metode diskusi dalam mengemukakan pendapat dengan kemampuan tinggi sebanyak 25 orang siswa dengan jumlah persentase 92,52%, tingkat kemampuan sedang dengan jumlah siswa 2 orang siswa dengan persentase 7,48% dengaqn IPK pada kategori 74,00% kategori tinggi. Jadi penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan keterampilan berbicara untuk siswa secara signifikan.
UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DALAM MENAATI TATA TERTIB MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP SISWA KELAS VIII SMP Parwata, I Nengah
Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP) Vol 2 No 1 (2020): Januari
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.715 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin kerapian berseragam siswa dalam mengikuti upacara melalui bimbingan kelompok. Hasil yang diharapkan untuk mengubah tingkat minat belajar siswa yang rendah menjadi lebih baik. Subjek penelitian siswa SMP sejumlah 12 siswa dibagi menjadi 2 kelompok bimbingan. Kelompok I dan II masing-masing dengan 6 anggota. Penelitian dilakukan selama tiga (3) bulan. Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan Konseling (PTK BK) ini hanya memeriksa dan melaporkan masalah yang terkait dengan minat belajar yang renda. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas  bidang Bimbingan dan Konseling (BK PTK). Metode penelitian komparatif menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis deskriptif komparatif menunjukkan bahwa minat belajar siswa dari kondisi awal, siklus I, dan siklus II meningkat. Hal ini ditampilkan pada minat belajar siswa awal ada 20 siswa yang  tidak sesuai dengan harapan, dan siklus I ada 12 siswa, dan setelah siklus II tinggal dua siswa yang tidak memenuhi harapan  dalam belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwasanya bimbingan kelompok dapat meningkatkan minat belajar siswa
MENINGKATKAN KONSEP DIRI DALAM PERGAULAN REMAJA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP Prabayanti Rahayu, Yulia
Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP) Vol 2 No 1 (2020): Januari
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.939 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Konsep diri yang positif dalam pergaulan remaja di antara teman sebaya sehingga dapat meningkatkan rasa percaya dirinya dalam mengasah potensi yang dimilikinya.                 Subyek penelitian Siswa kelas VII sejumlah 30 orang siswa. Jumlah tersebut dibagi menjadi 2 kelompok yang masing-masing beranggotakan 15 orang siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan selama 6 bulan dengan melihat dari kasus yang ada dalam pergaulan sehari-hari di Sekolah. Metode penelitian komparatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian pada siklus I terdapat 10 orang siswa yang memiliki kesulitan dalam interaksi sosialnya akibat konsep diri yang negatif. Selanjutnya pada siklus II tinggal 2 orang siswa yang masih terlihat kesulitan dalam interaksi dengan temannya di kelas. Sehubungan dengan itu untuk menumbuhkan dan mengembangkan pergaulan yang baik dalam hal ini juga sangat dibutuhkan peran serta orang tua dalam memberikan perhatian dan penilaian yang baik terhadap kegiatan yang dilakukan putra putrinya serta menunjukkan penerimaan dan penghargaan demi tercapainya keselarasan batin anak.  Demikian juga kepada rekan-rekan guru BK, untuk lebih meningkatkan kualitas layanan BK dengan bentuk-bentuk penyajian yang lebih inovatif, kreatif dalam menunjang pengembangan kosep diri yang positif. Dengan demikian, BK makin dekat di hati siswa dan materi layanan pun makin baik sehingga kesulitan dapat segera diatasi
STRATEGI PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MENYUSUN TEKS DESKRIPTIF BERBAHASA INGGRIS Kamran
Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP) Vol 2 No 1 (2020): Januari
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.846 KB)

Abstract

Penelitian ini menyajikan hasil penelitian tindakan kelas dalam pembelajaran menulis berbahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kopang dalam pembelajaran menulis berbahasa Inggris, terutama dalam mendeskripsikan benda, orang atau tempat tertentu melalui strategi pembelajaran Picture Word Inductive Model. Subyek penelitian adalah 38 siswa kelas SMP. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 siklus dengan subyek penelitian adalah 38 siswa. Penelitian dengan menggunakan analisis data berupa triangulasi, menunjukkan hasil bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dalam mengiktui pembelajaran menulis berbahasa Inggris ketika menggunakan strategi PWIM. Implikasi pedagogis dari penelitian ini adalah, penggunaan strategi PWIM bisa membantu siswa dalam menggali banyak kosa kata untuk kemudian disusun menjadi sebuah paragraph dan teks deskriptif berbahasa Inggris. Dengan melihat gambar benda/orang/tempat tertentu, siswa mendapatkan inspirasi kata apa saja yang akan mereka tulis untuk menyusun sebuah teks deskriptif.
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS IV SD Mukminah
Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP) Vol 2 No 1 (2020): Januari
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.203 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan social terhadap Siswa Kelas IV SDN 1 Ubung. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah Siswa Kelas IV SDN 1 Ubung. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60,71%), siklus II (75,00%), siklus III (89,29%).  Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Think-Pair-Share dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Ubung Tahun, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative ilmu pengetahuan sosial.
ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS PUISI BEBAS: SUDUT PANDANG STRUKTUR FISIK DAN BATIN PUISI Jamaludin
Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP) Vol 2 No 1 (2020): Januari
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.748 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis puisi bebas siswa SMP ditinjau dari segi struktur batin dan struktur fisik puisi. Subjek penelitian yang ditetapkan sebanyak 29 siswa SMP di Lombok Tengah. Jenis penarikan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif expost facto dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes unjuk kerja (menulis puisi), sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dikategorikan belum mampu atau belum mamadai dalam menuliskan pusi bebas.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE PADA POKOK BAHASAN DIAGRAM VENN Mawardi
Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP) Vol 2 No 1 (2020): Januari
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.964 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan motivasi siswa dalam belajar matematika dengan pembelajaran aktif tipe rotating trio exchange. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa sebanyak 21 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diambil dari hasil tes pada setiap siklus, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran yang diambil dari lembar observasi guru, sedangkan aktivitas siswa dalam pembelajaran diambil dari lembar observasi siswa. Hasil penelitian pada siklus I dari 21 siswa rata-rata aktivitas pembelajaran matematika sebelum menggunakan pembelajaran aktif tipe rotating trio exchange sebesar 70%. Sedangkan hasil pengamatan motivasi pembelajaran rata-rata 61% dari 21 siswa. Pada siklus II rata-rata pengamatan aktivitas pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran aktif tipe rotating trio exchange 88%. Sedangkan hasil pengamatan motivasi siswa menggunakan pembelajaran aktif tipe rotating trio exchange pada siklus II sebesar 81%. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan metode pembelajaran aktif tipe rotating trio exchange dapat meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa
MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN METODE BERJUBEL (BELAJAR DENGAN BERMAIN JUAL BELI) Saidun
Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP) Vol 2 No 1 (2020): Januari
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.693 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar IPA materi pokok Klasifikasi Mahluk Hidup bagi siswa kelas VII SMP melalui penggunaan metode Berjubel. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada siklus I pembelajaran dilakukan dengan penggunaan metode Berjubel dalam kelompok besar, sedangkan pada siklus II penggunaan metode Berjubel dalam kelompok kecil. Pada masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan deskriptif komparatif yang dilanjutkan refleksi. Deskriptif komparatif dilakukan dengan membandingkan data kondisi awal, siklus I dan siklus II, baik untuk minat belajar dan hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, penggunaan metode Berjubel dapat meningkatkan minat belajar siswa, terbukti persentase jumlah siswa dalam kategori minat belajar baik meningkat dari kondisi awal 30% menjadi 35% pada siklus I dan menjadi 52% pada siklus II atau pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 22% dari kondisi awal. Kedua, penggunaan penggunaan metode Berjubel dapat meningkatkan hasil belajar siswa, terbukti persentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari kondisi awal 43% menjadi 74% pada siklus I dan menjadi 83% pada siklus II atau pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 40% dari kondisi awal.
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI DAN KUALITAS BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI BERBICARA DAN MEMBACA DENGAN MENERAPKAN METODE STAD DAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VI SD Mawardi, Lalu
Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP) Vol 2 No 1 (2020): Januari
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.816 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar melalui penerapan pembelajaran model STAD dan Role Playing terhadap siswa Kelas VI SD. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas tiga siklus. Pengumpulan data berupa hasil tes formatif dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68,18%), siklus II (77,27%), siklus III (86,36%). Kesimpulan bahwa penerapan model STAD dan Role Playing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
STUDI TENTANG PERANAN PEMBELAJARAN PPKN DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN HUKUM PADA SISWA SMP Hirjan
Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP) Vol 2 No 1 (2020): Januari
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.582 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peranan pembelajaran PPKn dalam menumbuhkan kesadaran hukum pada siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan subjek penelitian berjumlah 324 siswa, sedangkan sampel yang diambil 10% yaitu 32 responden. Hasil penelitian menunjukkan, pertama peranan pembelajaran PPKn berperan dengan baik, dimana dalam hal ini pembelajaran PPKn berperan mengajarkan kepada siswa tentang rasa tanggung jawab, sopan santun serta mampu mengamalkan nilai-nilai Pancasila di dalam kehidupan dengan baik. Kemudian peranan pembelajaran PPKn dalam menumbuhkan kesadaran hukum juga berperan dengan baik, dimana peranan pembelajaran PPKn dalam menumbuhkan kesadaran hukum mengajarkan kepada siswa tentang norma-norma hukum dan pentingnya akan kesadaran hukum dalam hidup bermasyarakat dan bernegara. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa peranan pembelajaran PPKn dalam menumbukan kesadaran hukum siswa dapat dikatakan berperan dengan baik.