Variabel
Vol 1, No 1 (2018): APRIL 2018

Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di SMP

Nurul Husna (STKIP Singkawang)
Munawarah Munawarah (STKIP Singkawang)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran problem soving untuk dapat melihat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dan untuk melihat keterlaksanaan model pembelajaran problem solving dalam pembelajaran di kelas VII MTs Ushuluddin Singkawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Pretest-Posttest  Control Design. Adapun yang menjadi kelas sampel adalah kelas VII D sebagai kelas ekperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik  probability sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal kemampuan komunikasi matematis dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi himpunan di kelas VII MTs Ushuluddin Singkawang. Hal tersebut ditunjukkan dengan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diberi pembelajaran model problem solving dengan siswa yang diberi pembelajaran yang konvensional, serta model problem solving  terlaksana sangat baik dalam pembelajaran matematika dengan persentase 87,61% untuk pertemuan pertama dan  92,28% untuk pertemuan kedua.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jvar

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Physics

Description

Variabel is a peer-reviewed scientific open access, with e-ISSN: 2599-3038 and p-ISSN: 2599-302X published by Institute of Managing and Publication of Scientific Journals at STKIP Singkawang. Variabel is firstly published in 2018 and periodically published twice per year on April and October. ...