Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika
Vol. 17 No. 1 (2020): JBMI

PENGARUH ONLINE MARKETING DAN WORD OF MOUTH COMMUNICATION TERHADAP CUSTOMER SATISFATION MELALUI ESTETIKA PRODUK PADA PERUSAHAAN AMPA BAKERY TAKALAR

Haris Maupa (Universitas Hasanuddin)
Yosua Sambo (Unknown)
Djumidah Maming (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh online marketing dan word of mouth communication terhadap customer satisfaction melalui estetika produk pada Ampa Bakery di Takalar. Data dikumpulkan dari populasi pelanggan Ampa Bakery dengan jumlah sampel 100 orang menggunakan kuesioner dengan skala likert sebagai indikator skor, kemudian dilanjutkan dengan analisis jalur dengan menggunakan metode regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel online marketing dan word of mouth communication berpengaruh secara signifikan terhadap estetika produk. Variabel online marketing dan word of mouth communication tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel customer satisfaction sementara variabel estetika produk mempunyai pengaruh signifikan. Melalui nilai koefisien jalur diketahui bahwa pengaruh langsung estetika produk lebih dominan ketimbang pengaruh tidak langsung online marketing dan word of mouth communication. Sebagai kesimpulan akhir dikatakan bahwa online marketing dan word of mouth communication tidak sepenuhnya dapat mendikte standar kepuasan pelanggan dikarenakan adanya variabel lain yang lebih dominan yakni estetika produk, namun estetika produk sendiri dapat dipengaruhi oleh online marketing dan word of mouth communication.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jbmi

Publisher

Subject

Description

Jurnal Bisnis Manajemen & Informatika (JBMI) with ISSN: 0216-4132 published by the Department of Management, Faculty of Economics and Business, Hasanuddin University, is a scientific period that seeks to actively participate in efforts to find / develop, disseminate and apply business, management, ...