Edu Geography
Vol 8 No 1 (2020)

SIKAP MASYARAKAT TERHADAP KEBERADAAN PABRIK SEMEN DI DESA TEGALDOWO KABUPATEN REMBANG

Wijayanto, Andik (Unknown)
Arifien, Moch (Unknown)
Sriyanto, Sriyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2020

Abstract

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kabupaten Rembang memberikan izin lingkungan kepada PT. Semen Indonesia sejak tahun 2012, untuk melakukan pembangunan dan penambangan di Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang karena ketersediaan bahan batu gamping yang melimpah. Pemerintah Kabupaten Rembang berharap dengan adanya pabrik semen akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dan membawa kemajuan serta kesejahteraan bagi masyarakat sekitar. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui dan mendeskripsikan sikap masyarakat Desa Tegaldowo terhadap keberadaan Pabrik Semen Indonesia di Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang dan faktor-faktor yang berpengaruh pada sikap masyarakat Desa Tegaldowo terhadap keberadaan Pabrik Semen Indonesia di Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian yaitu di Desa Tegaldowo, Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi,angket dan dokumentasi. Teknik pengujian dalam penentuan validitas data adalah menggunakan trianggulasi. Metode analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh warga Desa Tegaldowo dengan sampel 20 warga Desa Tegaldowo.Hasil penelitian ini adalah dari sekitar 20 warga yang telah peneliti wawancarai mereka mengatakan bahwa ada alasan mengapa ada penolakan dan ada yang menerima dengan beberapa faktor yang mereka katakana. Tapi secara kelseluruhan warga Desa Tegaldowo Menerima keberadaan pabrik semen.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edugeo

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Edu Geography [p-ISSN 2252-6684|e-ISSN 2549-0346|DOI 10.15294.edugeo] publishes original research and conceptual analysis of geography education. Edu Geography provides a forum for educators and scholars to present innovative teaching strategies and essential content for elementary and secondary ...