Tujuan dari penelitian untuk menganalisis bagaimana keberhasilan permainan tradisional sebagai wahana pendidikan di sekolah dasar. Pendidikan karakter yang sudah dibina melalui agama, alangkah baiknya jika dibarengi dengan implementasikannya permainan tradisional yang sudah lama dilakukan nenek moyang bangsa Indonesia. Pendidikan karakter tentunya mengarahkan anak akan budi pekerti luhur dan hak ini juga berisi tentang nilai-nilai kejujuran, sopan santun, kerjasama, gotong royon, kedisiplinan, sportivitas dan lain-lain. Adapun pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini tentunya mempunyai karakteristik dan latar belakang natural, data dianalisis secara induktif. Untuk unsur pedagogis pada permainan tradisional yaitu pemanusiaan manusia kearah kedewasaan/insani. Permainan tradisional ini mengacu dari aspek perkembangan anak terkait dengan kognitif, bahasa, seni, emosi, sosial, dan nilai-nilai luhur bangsa. Hal ini tentunya aspek kecerdasan akademik dan sosial, mental/psikologis anak selalu meningkat dan menjadikan anak untuk menjadi manusia seutuhnya pada derajat tertentu
Copyrights © 2020