Idea Nursing Journal
Vol 10, No 1 (2019): Idea Nursing Journal

UPAYA PENINGKATAN KELULUSAN TOEFL MAHASISWA DENGAN METODE SELF HELP GROUP (SHG)

Syarifah Rauzatul Jannah (Bagian Keilmuan Keperawatan Jiwa, Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh)
Fithria Fithria (Bagian Keilmuan Keperawatan Keluarga, Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh)
Sri Novitayani (Bagian Keilmuan Keperawatan Jiwa, Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh)
Cut Husna (Bagian Keilmuan Keperawatan Medikal Bedah, Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh)
Juanita Juanita (Bagian Keilmuan Keperawatan Gerontik, Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
05 May 2020

Abstract

Kelulusan TOEFL dengan grade 475 merupakan salah satu syarat utama kelulusan mahasiswa pada pendidikan sarjana dan profesi. Mayoritas mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala memiliki kesulitan dalam mencapai grade tersebut. Oleh karena itu, dengan penggunaan metode Self Help Group (SHG) ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan tentang isu yang mereka butuhkan khususnya tentang TOEFL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode self help group (SHG) terhadap peningkatan kelulusan TOEFL mahasiswa. Metode penelitian ini adalah Action Research pre-test dan post-test design. Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa nilai TOEFL mahasiswa setelah intervensi lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum intervensi (t (44) = -2.947, p 0.05). Hal ini menunjukkan bahwa program kegiatan SHG efektif untuk meningkatkan nilai TOEFL mahasiswa, selain itu jumlah mahasiswa yang lulus TOEFL meningkat dari 1 orang yang lulus TOEFL sebelum intervensi menjadi 4 orang mahasiswa yang lulus TOEFL setelah intervensi. Rekomendasi, disarankan kepada Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala dan instansi pendidikan lainnya untuk dapat mengaplikasikan kegiatan SHG pada TOEFL mahasiswa secara berkelanjutan dan dalam jangka waktu yang lebih lama, sehingga akan terjadi peningkatan kelulusan TOEFL lebih besar.Kata Kunci: Self Help Group, Kelulusan, TOEFLABSTRACTGraduation TOEFL with grade 475 was one of the main requirements for student graduation in undergraduate and professional education. The majority of nursing students at Faculty of Nursing, Syiah Kuala University had difficulties in achieving these grades. Therefore, using the Self Help Group (SHG) method could increased the knowledge and abilities about the issues they need specifically about the TOEFL. The purpose of this study was to determine the effect of the self help group (SHG) method on increasing student TOEFL graduation. The research method was Action Research pre-test and post-test design. The sampling technique used purposive sampling, with the number of samples were 44 respondents. Based on the study results, it was found that the TOEFL score of nursing students after the intervention was higher compared with before the intervention (t (44) = -2.947, p 0.05). It was showed that the SHG activity program was effective in increasing the TOEFL score of students, besides the number of students who passed the TOEFL increased from 1 person before the intervention became 4 students after the intervention. Recommendations, it was suggested to the Faculty of Nursing at Syiah Kuala University and other educational institutions to be able to apply SHG program for students' TOEFL sustainably and in a longer period of time, so that there will be a greater increase in TOEFL graduation.Keywords: Self Help Group, Graduation, TOEFL

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

INJ

Publisher

Subject

Nursing

Description

Idea Nursing Journal (INJ) adalah suatu media yang dapat digunakan untuk, mendiseminasi, dan mengarsipkan karya perawat peneliti di Indonesia. Karya yang dipublikasikan dalam jurnal ini secara tidak langsung diakui sebagai karya kecendekiawanan penulis dalam bidang keperawatan. Artikel antara lain ...