EDUFORTECH
Vol 3, No 2

PENGARUH PELAKSANAAN TEACHING FACTORY TERHADAP UJI KOMPETENSI PRAKTIK SISWA SMKN 1 KUNINGAN

Sugiarti, Yatti (Unknown)
Maryati, Meti (Unknown)
Azizah, Dewi Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2018

Abstract

Uji kompetensi praktik diperlukan untuk mengetahui kemampuan atau kompetensi siswa sesuai dengan standar profesi yang dibuktikan dengan sertifikat kompetensi guna memasuki dunia kerja. Oleh karena itu, siswa diharuskan melaksanakanteaching factory. Program ini diharapkan dapat mendukung kompetensi siswa sesuai dengan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa pada komponen penilaian teaching factory, mengetahui kemampuan siswa pada komponen penilaian uji kompetensi praktik dan mengetahui pengaruh pelaksanaan teaching factory terhadap uji kompetensi praktik siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII TPHP SMKN 1 Kuningan yang telah melaksanakanteaching factory dan uji kompetensi praktik paket 1. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linearsederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa pada penilaian komponen produk teaching factory, sebanyak 13 siswa termasuk kategori kompeten dan sebanyak 11 siswa termasuk kategori sangat kompeten. Pada komponen proses teaching factory, semua siswa telah mencapai kategori sangat kompeten. Kemampauan siswa pada penilaian komponen persiapan kerja uji kompetensi praktik, sebanyak 23 siswa termasuk kategori sangat kompeten dan 1 siswa termasuk kategori kompeten. Pada komponen proses uji kompetensi praktik, sebanyak 21 siswa termasuk kategori sangat kompeten dan sebanyak 3 siswa termasuk kategori kompeten. Pada komponen hasil kerja, sikap kerja dan waktu, semua siswa telah mencapai kategori sangat kompeten. Terdapat pengaruh yang positif pelaksanaan teaching factoryterhadap uji kompetensi praktik dengan persamaan regresi Y=73,977+0,211X dan hubungannya berada pada kategori “sedang”.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

edufortech

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Computer Science & IT Education

Description

EDUFORTECH memuat artikel baik hasil penelitian ataupun review berbagai artikel yang mencakup topik: Teknologi Pengolahan dan Pengawetan Pangan Bioteknologi Pangan Teknologi pengolahan pangan fungsional keamanan pangan pendidikan teknologi hasil pertanian dan topik lain yang ...