Journal of Language, Literature, and Teaching
Vol 1, No 3 (2019): December - March (2020)

Interlanguage dalam Belajar Bahasa Arab (Studi Tentang Kesalahan Gramatikal Siswi Pondok Pesantren Muqimussunnah Palembang)

Ayu Desrani (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Berbicara tentang bahasa pembelajar yang disebut sebagai bahasantara (interlanguage) merupakan isu utama dalam kajian pemerolehan bahasa kedua atau bahasa sasaran. Dikatakan demikian, karena isu ini berkaitan dengan perkembangan bahasa pembelajar dan sangat berkaitan dengan proses yang dilakukan oleh pembelajar untuk menguasai bahasa sasaran. Oleh karena itu, tujuan Penelitian ini adalah untuk mencari tahu tentang proses kesalahan gramatikal yang terjadi dalam interlanguage. data kesalahan interlanguage siswa dalam penelitian ini didapatkan dari hasil observasi, wawancara serta karangan insya siswa yang diperoleh dari guru bahasa arab di mts pondok pesantren muqimussunnah palembang dari kelas 7-8 yang dipilih secara random. Kemudian data tersebut dianalisis secara kualitatif. Penelitin ini menunjukan bahwa proses interlanguage dalam pembelajaran  bahasa Arab terdapat banyak keselahan dalam gramatikal adalah transfer bahasa, overgeneralisasi dan strategi belajar bahasa kedua. Dari ketiga proses tersebut proses kesalahan gramatikal yang paling banyak terjadi yaitu dalam proses transfer bahasa yang mana siswa selalu menggunakan kaidah bahasa pertama untuk berbicara bahasa kedua atau bahasa arab, sedangkan yang kesalahan gramatikal kedua terjadi pada overgeneralisasi yang mana siswa melakukan penyerataan kaidah dalam menggunakan bahasa arab, selanjutnya baru kesalahan gramatikal pada strategi belajar bahasa kedua yaitu siswa cenderung menyederhanakan sistem bahasa kedua. Kata kunci: Interlanguage, Kesalahan Gramatikal, Bahasa Arab 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JLLTE is an open access journal that publishes research-based articles or reviews. This journal is dedicated to expand information and knowledge related to language, literature, and teaching. It publishes articles triannually (April-July; August-November; December-March) managed by Sekolah Tinggi ...