JURNAL DERIVAT: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 1, No 2 (2014): Jurnal Derivat (Desember 2014)

EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR MATEMATIS SISWA

Sagita, Laela (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model PMRI dengan model pembelajaran kooperatif untuk peningkatan keterampilan berfikir matematis siswa. Melalui pembelajaran matematika, siswa diharapkan memiliki kemampuan berfikir logis,  analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta memiliki kemampuan bekerjasama. PMRI adalah model pembelajaran yang bertitik tolah dari hal-hal yang real bagi siswa, menekankan keterampilan “proses of doing mathematics”. Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian Quasi-Experimental, dimana kelas kontrol diberikan perlakuan pembelajaran matematika melalui model kooperatif, sedangkan kelas eksperimen diberikan perlakuan model PMRI. Berdasarkan Muhammadiyah 3 Yogyakarta untuk rata-rata nilai post test berfikir matematis kelompok eksperimen adalah 83.22 sedangkan untuk kelompok kontrol 58.58. Sedangkan di SMP Negeri 16 Yogyakarta nilai post test berfikir matematis kelas eksperimen sebesar 75.65, dan kelas kontrol 54.45. Berdasarkan hasil uji hipotesis perbedaan kemampuan berfikir kritis menggunakan uji t (independent samples T-Test) diperoleh nilai signifikan 0,000 dengan taraf signifikan 2%, diperoleh kesimpulan Ho ditolak, sehingga terdapat hasil perbedaan antara kelompok eksperimen setelah dikenakan Model PMRI. Berdasarkan uji pengaruh model pembelajaran masing-masing diperoleh t hitung di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta 0,292 dan SMP Negeri 3 Yogyakarta 0,346 dimana semua nikai tersebut lebih besar dari t tabel, sehingga Ho dengan hipotesis terdapat pengaruh model PMRI terhadap peningkatan kemampuan berfikir matematis.Kata kunci: Model Kooperatif, Model PMRI, Kemampuan Berfikir Matematis

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

derivat

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, e-ISSN: 2549-2616, p-ISSN: 2407-3792 Is an information container containing scientific articles of research, literature studies, ideas, the application of theory, the study of critical analysis, and Islamic studies in the field mathematics ...