Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah
Vol 3, No 2 (2020): Pembelajaran Sejarah dan Kearifan Lokal

Implementasi Pembelajaran Sejarah Peminatan Berbasis Nilai Kearifan Lokal Topi Bambu Tangerang di SMAN 16 Kabupaten Tangerang

Permana, Rahayu (Unknown)
Suhaili, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan sumber sejarah lokal tentang topi bambu Tangerang secara  khusus di kaelas XI IIS  pada SMAN 16 Kabuaten Tangerang. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif  dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawanca. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perlunya mendesain pembelajaran sejarah peminatan pada kurikulum 13 dengan pendekatan sumber belajar kearifan lokal topi bambu secara khusus. 2) Dalam pelaksanaan implemnetasi sejarah peminatan di kelas, guru memnyampaikan materi dengan baik dan sistematis, sehingga peserta didik merasa nyaman dan termotivasi untuk menyimak materi kearipan lokal topi bambu Tangerang. 3) Hasil yang didapatkan dalam implementasi pembelajaran sejarah peminatan berbasis kearifan lokal topi bambu, peserta didik dapat mengenal, mengetahui dan memahami  tentang nilai kearifan lokal topi bambu Tangerang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

historia

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Focus and Scope 1. Learning History at school 2. Learning History in college 3. History education curriculum 4. Historical material (local, national, and world history) 5. History of education 6. Historical material in social ...