Historika
Vol 22, No 1 (2019): Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sejarah

MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ARSIP KETRANSMIGRASIAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN EKSPLANASI SEJARAH SISWA SMAN 1 BANGUNREJO LAMPUNG TENGAH

Hendratama, Ozi (Unknown)
Musadad, Akhmad Arif (Unknown)
Agung S., Leo (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2020

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan model pembelajaran sejarah yang dipakai saat ini di SMAN 1 Bangunrejo Lampung Tengah, (2) Mendeskripsikan pengembangan model pembelajaran berbasis arsip ketransmigrasian untuk meningkatkan kemampuan eksplanasi sejarah, (3) Mendeskripsikan efektifitas model pembelajaran sejarah berbasis arsip ketransmigrasian untuk meningkatkan kemampuan eksplanasi sejarah.            Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dimodifikasi dari konsep Borg dan Gall. Implementasi tahapan disesuaikan kebutuhan peneliti. Implementasi tahapannya meliputi studi pendahuluan, pengembangan model pembelajaran, dan uji efektifitas model. Analisis dan kelayakan model menggunakan skala Likert 1-5. Sedangkan uji efektifitas menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian, guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dengan paradigma berpusat pada guru (teacher centered). Kebanyakan siswa tertarik dengan arsip ketransmigrasian. Tingkat kemampuan eksplanasi sejarah siswa masih rendah. Sebagian besar siswa masih belum mengetahui bahwa kemampuan eksplanasi sejarah sangat penting dalam pembelajaran sejarah. Model pembelajaran yang dikembangkan meliputi langkah-langkah persiapan, pelaksanaan, dan penutup.            Validasi oleh pakar dijadikan pertimbangan untuk menyempurnakan model yang akan dikembangkan pada tahap uji coba. Hasil uji validasi model diperoleh nilai 4,61 (baik), validasi RPP diperoleh nilai 4,09 (baik), validasi soal dengan nilai 4,18 (baik) dan validasi bahan ajar/materi diperoleh nilai 4 (baik). Pada Uji T diperoleh nilai 3,990 dengan signifikansi 0,000 < 0,025, artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap model yang dikembangkan, sehingga rerata sebelum dan sesudah perlakuan kelas eksperimen tidak sama. Dengan demikian model pembelajaran sejarah yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan eksplanasi sejarah siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

historika

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

HISTORIKA is journal of history research, and history educational research. Available in online and published two times a year since 2007 with p-ISSN 0853-0084, in July 2018 Historika Journal get e-ISSN ...