Latar Belakang :Penyesuaian diri pada anak TK diawali adanya kecemasan dari anak saat berpisah dengan orang tua, menangis dan penarikan pada awal masuk sekolah. Hal ini berkaitan dengan peran orang tua dalam mempersiapkan anak masuk sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan orang tua dalam mempersiapkan anak masuk sekolah dengan kemampuan adaptasi pada anak usia prasekolah di TK Panti Puruhita Semarang. Metode :Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu korelasi dengan desain penelitian cross sectional. Subyek penelitian sebanyak 45 responden orang tua dari TK Panti Puruhita Semarang dengan menggunakan total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner.Hasil :Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua dalam mempersiapkan anak masuk sekolah mempunyai peranan baik yaitu 35 responden (77,8%) dan sebagian besar anak kemampuan adaptasinya baik yaitu sebanyak 37 responden (82,2%). Hasil korelasi rank spearmanmenunjukkan p value = 0,001atau < 0,05. Kesimpulan :Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan peran orang tua dalam mempersiapkan anak masuk sekolah dengan kemampuan adaptasi pada anak usia prasekolah di TK Panti Puruhita Semarang. Kata Kunci : Peran orang tua, Persiapan masuk sekolah, Kemampuan adaptasi, Usia prasekolah.
Copyrights © 2016