Majalah Ilmiah Dian Ilmu
Vol 18, No 1 (2018): MAJALAH ILMIAH "DIAN ILMU" OKTOBER 2018

Pengaruh Kapabilitas Pemasaran, Keunggulan Bersaing Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Ukm (Usaha Kecil Dan Menengah) Di Kabupaten Lumajang

Mohammad Hoiron (Universitas Jember)
Edy Wahyudi (Universitas Jember)
Zarah Puspitaningtyas (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2019

Abstract

Kinerja perusahaan yang optimal dipengaruhi oleh beberapa aspek yang ada di dalam organisasi perusahaan, diantaranya adalah unsur kapabilitas pemasaran, keunggulan bersaing dan budaya organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kapabilitas pemasaran, keunggulan bersaing dan budaya organisasi terhadap kinerja UKM (Usaha Kecil dan Menengah) di Kabupaten Lumajang, secara parsial. Penelitian ini meliputi sektor batik, meubel kayu, perhiasan emas dan keripik pisang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma kuantitatif bersifat explanatory. Populasi berjumlah 148 UKM, teknikĀ  pengambilan sampel menggunkan teknik random sampling sehingga diperoleh responden yang berjumlah 109 UKM dijadikan sampel penelitian dan responden penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa secara parsial variabel kapabilitas pemasaran, keunggulan bersaing dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UKM.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

dianilmu

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Social Sciences

Description

The "DIAN ILMU" Scientific Magazine is a journal that publishes the results of empirical research that is updated with up-to-date references and contributes to the development of scientific fields in Business Administration and Public Administration. The Editorial Team invited the writings of ...