Jurnal Informa: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Vol 1 No 3 (2016): Juni

ANALISIS SEMIOTIK TENTANG KEKUASAAN DAN MASKULINITAS PADA TAMPILAN WEBSITE GUDANG GARAM PRIA PUNYA SELERA

Jahid Syaifullah (Politeknik Indonusa Surakarta)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2019

Abstract

Perkembangan dunia bisnis dan industri di Indonesia saat ini mengalami perkembanganyang semakin pesat. Perkembangan dunia bisnis dan industri menimbulkan adanya persaingandalam meraih konsumen. Salah satu langkah untuk menarik hati konsumen, perusahaanmenggunakan media iklan. Iklan Rokok Gudang Garam dalam Website Gudang Garam munculsebagai upaya untuk mengangkat produk rokok Gudang Garam dalam Website Gudang Garamditengah persaingan produk-produk rokok sejenis. Banyaknya iklan-iklan tentang rokokmenyebabkan produsen iklan harus membuat berbagai variasi dan inovasi agar iklan yangdiproduksi mampu menimbulkan image tertentu yang mampu diingat oleh masyarakat. Salah satuimage yang ingin ditampilkan pada iklan rokok Gudang Garam dalam Website Gudang Garamadalah representasi maskulinitas dengan penggambaran iklan yang banyak menampilkan sosoklelaki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi kuasa maskulinitas dalam iklanrokok Gudang Garam dalam Website Gudang Garam.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metodologi semiotika komunikasi.Objek penelitian adalah iklan rokok Gudang Garam dalam Website Gudang Garam. Metodeanalisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode semiotika Roland Barthes.Berdasarkan hasil analisis penelitian, maka disimpulkan : (1) representasi maskulinitasdalam iklan rokok Gudang Garam dalam Website Gudang Garam terbagi dalam dua representasiyaitu penampilan fisik laki-laki maskulin dan atribut pendukung yang melambangkanmaskulinitas, (2) representasi penampilan laki-laki maskulin dalam iklan rokok Gudang Garamdalam Website Gudang Garam \ meliputi dada bidang, rambut cepak, dan sorot mata tajam, (3)representasi pendukung yang melambangkan maskulinitas dalam iklan rokok Gudang Garam dalamWebsite Gudang Garam meliputi atribut kendaraan, sikap pantang menyerah, (3) jenis olah ragayang dilakukan, (4) penggunaan representasi maskulinitas pada iklan rokok Gudang Garam padawebsite Gudang Garam Super oleh pengiklan ditunjukkan untuk menunjukkan produk rokokGudang Garam dalam Website Gudang Garam yang memiliki cita rasa lelaki yaitu mantap, sertaingin menunjukkan image orang yang merokok Gudang Garam dalam Website Gudang Garamsebagai pribadi laki-laki yang macho, berani, pantang menyerah, dan keras.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

informa

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal INFORMA merupakan jurnal ilmiah bidang ilmu Komputer dan Informatika bersifat terbuka yang memuat tulisan hasil penelitian. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi D3 Manajemen Informatika Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal akan terbit 2 kali dalam setahun, yakni pada bulan Juni dan ...