Jurnal Informa: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Vol 5 No 3 (2019): Desember

Advokasi UU ITE:Peningkatan Kewaspadaan Guru Terhadap Serangan Cyberbullying Antar Peserta Didik Di Gugus II Harjuno (Pengabdian Masyarakat pada Gugus II Harjuno Surakarta)

Faulinda Ely Nastiti (Universitas Duta Bangsa Surakarta)
Rina Arum Prastyanti (Universitas Duta Bangsa Surakarta)
Agustina Srirahayu (Universitas Duta Bangsa Surakarta)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2019

Abstract

Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (atau biasa disebut dengan UU ITE) adalah undang undang yang mengatur mengenai teknologi informasi secara umum. Undang undang ini penting untuk dipahami bagi siapapun. Perkembangan teknologi melahirkan bentuk-bentuk perbuatan hukum baru seperti halnya cyberbullying. Cyberbullying dan pelanggaran UU ITE justru lebih banyak terjadi pada usia anak-anak hingga remaja. Kebebasan penggunakan internet serta kebebasan berpendapat yang salah, menyebabkan utama anak-anak dan remaja ini tanpa sadar telah melanggar hukum. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan tentang UU ITE. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan, melalui para guru anak-anak serta orangtua mendapatkan sosialisasi dan pendampingan etika pemanfaatan intenet dengan bijak.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

informa

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal INFORMA merupakan jurnal ilmiah bidang ilmu Komputer dan Informatika bersifat terbuka yang memuat tulisan hasil penelitian. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi D3 Manajemen Informatika Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal akan terbit 2 kali dalam setahun, yakni pada bulan Juni dan ...