Jurnal Informa: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Vol 6 No 1 (2020): Juni

Analisis Tingkat Kepopuleran E-Commerce Di Indonesia Berdasarkan Sentimen Sosial Media Menggunakan Metode Naïve Bayes

Adika Sri Widagdo (Mahasiswa)
Bambang Soedijono W.A (Universitas AMIKOM Yogyakarta)
Asro Nasiri (Universitas AMIKOM Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2020

Abstract

Saat ini semakin banyak pelaku usaha, baik perusahaan besar maupun ritel, beralih atau mengembangkan usaha ke arah digital yaitu berupa e-commerce. tidak bisa dipungkiri lagi bahwa ecommerce dapat mempermudah transaksi antara penjual dan pembeli, selain dalam bentuk website ditambah dengan fasilitas ecommerce berupa aplikasi smartphone sehingga masyarakat bisa dengan mudah mengakses dimanapun dan kapanpun. Selain itu menurut dari data APJII pada setiap tahunnya masyarakat indonesia yang bertransaksi menggunakan e-commerce semakin bertambah, sehingga banyak bermunculan e-commerce baru yang membuat masyarakat bingung dalam memilih e-commerce yang dipercaya, untuk itu diperlukan sebuah penilaian yang dapat mengetahui tingkat kepopuleran ecommerce di indonesia yang berdasarkan sentimen pada sosial media. Pada tulisan ini akan menggunakan Naïve Bayes untuk melakukan analisis sentimen dengan hasil akhir prosentase kepopuleran tiap ecommerce di Indonesia yaitu E-commerce 1 = 91,2%, E-commerce 2 = 76,4, Ecommerce 3 = 37,8% E-commerce 4 = 33,8% dimana prosentase tersebut dihasilkan dari selisih antara sentimen positif dan negatif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

informa

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal INFORMA merupakan jurnal ilmiah bidang ilmu Komputer dan Informatika bersifat terbuka yang memuat tulisan hasil penelitian. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi D3 Manajemen Informatika Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal akan terbit 2 kali dalam setahun, yakni pada bulan Juni dan ...