Wahana Didaktika
Vol. 18 No. 2 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SMA N 20 PALEMBANG

Selly Parela (Universitas PGRI Palembang)
Erma Yulaini (Universitas PGRI Palembang)
M Toyib (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
28 May 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar ekonomi di SMA N 20 Palembang tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true ekperimental design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana dengan dummy variabel dengan pengujian hipotesis menggunakan uji “t” tes. Dari hasil penelitian kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dari kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar ekonomi di SMA N 20 Palembang tahun pelajaran 2019/2020.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu ...