Wahana Didaktika
Vol. 16 No. 2 (2018): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan

PENGGUNAAN MATERI TEORI KARIER JOHN HOLLAND TERHADAP PENINGKATAN PERENCANAAN KARIER SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI BERMUATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

Ramtia Darma Putri (Dosen Universitas PGI Palembang)
Syska Purnamasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2018

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada perencanaan karier siswa sebelum dan sesudah diberi layanan informasi bermuatan pembelajaran kontekstual dengan materi karier John Holland. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen yang menggunakan desain Quasi Experimental. Bentuk Quasi Experimental yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest Posttest One Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA PGRI 2 Palembang kelas X IPS 3. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Instrumen Perencanaan Karier Siswa dengan model Skala Likert dengan nilai validitas 1 dan reliabilitas 0.866. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dan diuji dengan teknik Paired Samples t-test dengan bantuan SPSS versi 17.00. Temuan dalam penelitian ini mengungkapkan terdapat perbedaan yang signifikan pada perencanaan karier siswa sebelum dan sesudah diberi layanan informasi informasi bermuatan pembelajaran kontekstual dengan materi karier John Holland. Hasil penelitian diharapkan dapat berkontribusi bagi personil sekolah maupun lingkungan dalam meningkatkan perencanaan karier siswa di sekolah. Kata Kunci : Teori Karier John Holland, Perencanaan Karier, Layanan Informasi dan Pembelajaran Kontekstual THE USE OF JOHN HOLLAND'S CAREER THEORY MATTERS ON IMPROVING STUDENT CAREER PLANNING THROUGH TRENGTHENING INFORMATION SERVICES CONTEXTUAL LEARNINGAbstractThis study aims to find out the significant differences in student career planning before and after being given information services containing contextual learning with John Holland career material. This research is a quantitative research with experimental research method that uses Quasi Experimental design. The Quasi Experimental form used in this study is the Pretest Posttest One Group Design. Subjects in this study were students of SMA PGRI 2 Palembang class X IPS 3. The research instrument used was the Student Career Planning Instrument with a Likert Scale model with validity value 1 and 0.866 reliability. The data obtained were then analyzed and tested with Paired Samples t-test technique with the help of SPSS version 17.00. The findings in this study revealed that there were significant differences in student career planning before and after being given information information services containing contextual teaching and learning with John Holland career material. The results of the study are expected to contribute to school personnel and the environment in improving student career planning at school. Keywords: John Holland Career Theory, Career Planning, Information Services and Contextual Teaching and Learning

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu ...