Al-Ikhtibar : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 3 No 2 (2016): Juli-Desember 2016

MANAJEMEN PENDIDIKAN DAYAH BERCIRIKAN PROGRAM EXTRAKURIKULUM AGRARIS

Afna, Mauloeddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2017

Abstract

Pendidikan adalah instrumen pembanguan Negara secara holistik. Tujuan citra manusia pendidikan adalah terwujudnya citra manusia  yang dapat menjadi sumber daya pembangunan yang manusiawi,integritas dan berkomitmen tinggi. Tujuan pendidikan yaitu menghasilkan manusia yang baik yaitu manusia yang dapat mempengaruhi dan memajukan lingkungan dimana ia berada. Pergerakan pendidikan akan menentukan laju pemerintahan dan kemakmuran negara. Tantangan Negara yang paling utama adalah pengentasan kemiskinan yang melambatkan arah dan pencapaian pembangunan baik manusia dan infrakstruktur Negara. Negara Republik Indonesia terletak di jamrud katulistiwa yang juga dikenal dengan nama Nusantara. Kesuburan alam adalah sumberdaya yang luar biasa untuk membangun baik warga dan infrastruturnya. Dalam hal ini pendidikan adalah intrumen yang menggerakkan pembangunan melalui ilmu pengetahuan yang berguna untuk mengolah sumber daya. Program extrakurikulum agraris ini dirancang dalam pelatihan soft-skill untuk para santri, diwajibkan untuk dikuti, karena dianggap penting sebagai kompentesi tambahan. Pendidikan dayah di indonesia dapat ditingkatkan, sehingga alumni dayah menjadi agen perubahan dan pembangunan kemasyarakatan melalui upaya pembaruan yang diarahkan pada refungsionalisasi pesantren sebagai salah satu pusat penting pembangunan masyarakat. Fungsi pendidikan dayah di indonesia, diarahkan dengan mempertimbangkan asset potensial yang dimiliki daerah lokal ditempat dayah ini berdiri. Selanjutmya, dengan mempertimbangkan aspek demografis pertanian yang dimilki oleh Indonesia, merupakan salah satu faktor penunjang yang sangat besar, bila sistem pendidikan dayah memasukkan pertanian sebagai kategori kegiatan extra-kurikulum santri yang merupakan cakupan dari soft-skill. Hal ini didorong dengan peran kegiatan extra-kurikulum santri dalam memberdayakan luasnya lahan potensial yang dimiliki oleh dayah?dayah yang berada di Indonesia. Hal selanjutnya yang harus dipertimbangkan adalah kompetensi para lulusan yang tidak hanya belajar ilmu agama Islam tapi juga belajar untuk memamfaatkan lahan-lahan potensial untuk pertanian.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ikhtibar

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Jurnal ini adalah jurnal Jurusan Pendidikan Agama Islam yang merupakan ekspektasi dari artikel yang konsen pada problematika dan fenomena dunia pendidikan islam, keagamaan dan kebudayan. Artikel ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian, studi kasus, atau kajian teoritis yang berkaitan ...