Jurnal Ekonomi
Vol 23, No 4 (2015)

PENGARUH TATA KELOLA PEMERINTAHAN DAN PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PENCEGAHAN KECURANGAN (STUDI PADA SKPD PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR)

Bhima Azis Usman (Unknown)
Taufeni Taufik (Unknown)
M. Rasuli (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh tata kelola pemerintahan danpengendalian internal terhadap pencegahan kecurangan pada SKPD PemerintahKabupaten Indragiri Hilir. Populasi dalam penelitian ini adalah 33 SKPD diKabupaten Indragiri Hilir. Pengumpulan data dilakukan dengan caramembagikan kuesioner kepada 127 responden. Metode analisis data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tata kelola pemerintahanberpengaruh signifikan terhadap pencegahan kecurangan, dengan melihat nilaisignifikansi sebesar 0,032. Variabel pengendalian internal tidak berpengaruhterhadap pencegahan kecurangan, dengan melihat nilai signifikansi sebesar0,205. Hasil koefisien determinasi sebesar 0,062. Angka ini menjelaskan bahwasumbangan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen adalahsebesar 6,2%. sedangkan sisanya sebesar 93,8% dipengaruhi oleh variabel lainyang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Economics, Faculty of Economics and Business, University of Riau has a focus and scope of research articles in the fields of development economics, accounting, and ...