Jurnal Ekonomi
Vol 24, No 4 (2016)

EFFECT APPLICATION OF RULES ETHICS, PROFESSIONAL EXPERIENCE AND AUDITOR SKEPTICISM DETECTION OF CHEATING (STUDI EMPIRIS, PADA KAP DI WILAYAH SUMATERA DAN JAWA)

Helmiati, Helmiati (Unknown)
Anugerah, Rita (Unknown)
Agusti, Restu (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui bukti empiris dalammenganalisis pengaruh penerapan aturan etika, pengalaman dan skeptismeprofesional auditor terhadap pendeteksian kecurangan serta menganalisisvariabel yang paling dominan antara penerapan aturan etika, pengalaman danskeptisme profesional auditor yang berpengaruh terhadap pendeteksiankecurangan. Populasi dalam penelitian ini adalah KAP (Kantor Akuntan Publik)yang berada di wilayah Jawa dan Sumatera dengan menggunakan sampelConvenience Sampling yang termasuk dalam Non Probability Sampling.Jenisdata yang digunakan adalah data primer dengan metode pengumpulan datamenggunakan Kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah regresiberganda (Multiple Regression) dengan bantuan program SPSS Versi 21.0.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan penerapan aturan etikaakan memberi peningkatan pada pendeteksian kecurangan dengan t hitung 2,349yang lebih besar dari t tabel 1,684 dan signifikan 0,024. Pengalaman signifikanmempengaruhi pendeteksian kecurangan dengan nilai t hitung 2,334, t tabel1,684, signifikan 0,024.Skeptisme profesional terbukti signifikan mempengaruhipendeteksian kecurangan dengan t hitung 4,230, t tabel 1,684 signifikan dengan0,000.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Economics, Faculty of Economics and Business, University of Riau has a focus and scope of research articles in the fields of development economics, accounting, and ...