Optika : Jurnal Pendidikan Fisika
Vol. 1 No. 1 (2017): Jurnal Dinamika Sains

PENGARUH STRATEGI GENERATIF DAN STRATEGI POE DITINJAU DARI GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 26 MAKASSAR

AN NISAA AL MU’MIN LIU (Universitas Flores)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2017

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan desain faktorial 2x2yang bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar IPA fisika antara pesertadidik yang diajar dengan menggunakan strategi generatif dan yang diajar menggunakanstrategi POE, (2) perbedaan hasil belajar IPA fisika antara peserta didik yang diajarmenggunakan strategi generatif dan yang diajar menggunakan strategi POE untuk pesertadidik yang bergaya belajar visual/auditif, (3) perbedaan hasil belajar IPA fisika antarapeserta didik yang diajar menggunakan strategi generatif dan yang diajar menggunakanstrategi POE untuk peserta dididk yang bergaya belajar kinestetik, dan (4) adanya interaksiantara strategi pembelajaran (Generatif dan POE) dan gaya belajar (visual/auditif dankinestetik) terhadap hasil belajar IPA fisika.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri26 Makassar yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 220 orang, dan yang menjadi sampeldalam penelitian ini adalah kelas VIII4 dan kelas VIII6 dengan jumlah peserta didik untukmasing-masing kelas berjumlah 35 orang. Pengumpulan data dilakukan denganmenggunakan tes dan nontes. Teknik analisa data menggunakan teknik perhitungan manualdan dilengkapi dengan perhitungan menggunakan program SPSS versi 16 for windows.Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5 %.Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yangsignifikan hasil belajar IPA fisika antara peserta didik yang diajar dengan menggunakanstrategi generatif dan yang diajar dengan menggunakan strategi POE, (2) terdapatperbedaan yang signifikan hasil belajar IPA fisika antara peserta didik yang diajarmenggunakan strategi generatif dan yang diajar menggunakan strategi POE untuk pesertadidik yang bergaya belajar visual/auditif, (3) tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasilbelajar IPA fisika antara peserta didik yang diajar menggunakan strategi generatif dan yangdiajar menggunakan strategi POE untuk peserta dididk yang bergaya belajar kinestetik,dan(4) tidak terdapat interaksi antara antara strategi pembelajaran (Generatif dan POE) dangaya belajar (visual/auditif dan kinestetik) terhadap hasil belajar IPA fisika

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

optika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode ...