Jurnal Pendidikan Anak
Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Anak

Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan montase pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Dinoyo 01 Mojokerto

Yuvi Erfiana Taznidaturrohmah (Pendidikan Guru PAUD, FIP, Universitas Negeri Malang)
Pramono Pramono (Pendidikan Guru PAUD, FIP, Universitas Negeri Malang)
Suryadi Suryadi (Pendidikan Guru PAUD, FIP, Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2020

Abstract

Kemampuan motorik halus penting distimulasi sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan morik halus melalui kegiatan montase pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita 01 Dinoyo Mojokerto. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dibantu dengan pengolahan data kuantitatif dengan tahapan-tahapanya yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 75%. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terjadi peningkatan kegiatan montase yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Dharma Wanita 01 Dinoyo Mojokerto. Pada Siklus I nilai rata-rata yang diperoleh anak adalah 74,1 dan meningkat pada Siklus II dengan skor rata-rata 87; dan (2) Pada tahap pra-tindakan skor rata-rata yang diperoleh anak adalah 53,1, kemudian dan mengalami peningkatan pada Siklus I dan II dengan skor rata-rata 74,5 dan 87,5.

Copyrights © 2020