Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 4, No 2 (2019): Mei

Perkembangan Kemampuan Anak Mengenal Huruf Hijayyah melalui Penerapan Media Spoon Puppet di TPA Darul Falah Gampong Pineung Banda Aceh

Ayu Riska Amalia (Mahasiswa PG PAUD FKIP Universitas Syiah Kuala)
Fakhriah . . (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)
Saptiani . . (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
16 May 2019

Abstract

Kemampuan mengenal huruf hijayyah merupakan salah satu aspek penting yang harus dikembangkan pada anak. Hasil observasi di Kelas Ibnu Haitham TPA Darul Falah Gampong Pineung Banda Aceh, terdapat anak yang belum mampu mengenal dan membedakan huruf hijayyah dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan anak mengenal huruf hijayyah melalui penerapan media Spoon Puppet di TPA Darul Falah Gampong Pineung Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan rancangan penelitiannya One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di Kelas Ibnu Haitham TPA Darul Falah Gampong Pineung Banda Aceh, berjumlah 7 orang anak laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan anak mengenal huruf hijayyah dapat berkembang sangat baik melalui penerapan media Spoon Puppet. Hal tersebut berdasarkan hasil pretest, rata-rata anak hanya mampu menyebutkan huruf (ع-ا) dan (ش-س). Treatment pertemuan I, 4 orang anak mulai berkembang (MB) dan sudah mampu menyebutkan huruf (ع-ا), (ش-س), (ث-س), (ز-ذ),   (خ-ح) dan (س-ص). Treatment pertemuan II, 4 orang anak mulai berkembang (MB) dan mampu menyebutkan huruf  (ع-ا), (ش-س), (ث-س), (ز-ذ), (خ-ح), dan (س-ص). Treatment pertemuan III, 5 orang anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan mampu menyebutkan huruf (ع-ا), (ش-س), (ث-س), (ز-ذ), (خ-ح), (س-ص), (غ-خ), (ﻫ-ح), (خ-ق), (ذ-ظ) dan (ظ-ض) tetapi masih perlu bimbingan. Hasil akhir pada posttest, 5 orang anak berkembang sangat baik (BSB) dan mampu menyebutkan semua huruf hijayyah yang terdapat pada media Spoon Puppet dengan benar yaitu huruf (ع-ا), (ش-س), (ث-س), (ز-ذ), (خ-ح), (س-ص), (غ-خ), (ﻫ-ح), (خ-ق), (ذ-ظ) dan (ظ-ض). Berdasarkan data hasil penelitian melalui penerapan media Spoon Puppet, anak mampu mengenal dan membedakan huruf hijayyah baik yang bentuknya hampir sama tetapi bunyinya berbeda maupun bentuknya berbeda tetapi bunyinya hampir sama.Kata Kunci: Kemampuan Mengenal Huruf Hijayyah, Media Spoon Pupet, Anak Usia Dini.

Copyrights © 2019