Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 4, No 2 (2019): Mei

IMPLEMENTASI METODE KARYAWISATA TERHADAP KECERDASAN NATURALIS ANAK DI TK IT MON KUTA BANDA ACEH

Intan Widya Putri (Mahasiswa PG PAUD FKIP Universitas Syiah Kuala)
Israwati . (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)
Saptiani . (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
16 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode karyawisata terhadap kecerdasan naturalis anak. Permasalahan yang terjadi di TK IT Mon Kuta Banda Aceh terdapat anak yang tidak menyayangi tumbuhan di lingkungan sekolahnya dan terdapat anak yang mengganggu binatang. Hal tersebut menunjukkan bahwa kecerdasan naturalis anak di TK IT Mon Kuta belum berkembang. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana implementasi metode karyawisata terhadap kecerdasan naturalis anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif menggunakan teknik observasi dan unjuk kerja. Hasil penelitian Implementasi metode karyawisata terhadap kecerdasan naturalis anak terdiri dari tiga tahap, pertama persiapan yaitu menyiapkan surat izin orangtua, menyediakan tanda pengenal, menginformasikan kepada orang tua untuk membawa bekal, menyiapkan kamera, dan menetapkan tata tertib. Kedua pelaksanaan yaitu guru membawa anak ke lokasi karyawisata pertama untuk mengenal flora dan karyawisata kedua untuk mengenal fauna. Ketiga tindak lanjut yaitu penilaian atau evaluasi. Dapat diperoleh hasil bahwa anak sudah mampu mengenal hewan dan tumbuhan, mampu menyayangi hewan dan tumbuhan, dan mampu menjaga kebersihan lingkungan yaitu membuang sampah pada tempatnya. Disarankan kepada pendidik metode yang sesuai untuk mengembangkan kecerdasan naturalis anak adalah metode karyawisata.Kata Kunci: Metode karyawisata, kecerdasan naturalis, anak usia dini.

Copyrights © 2019