Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 4, No 2 (2019): Mei

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI METODE EKSPERIMEN SAINS DI TK BUNDA KANDUNG DESA MEUNASAH TUTONG ACEH BESAR

Aulia Ananda (Mahasiswa PG PAUD FKIP Universitas Syiah Kuala)
Yuhasriati . (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)
Saptiani . (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
16 May 2019

Abstract

Perkembangan kemampuan kognitif merupakan salah satu aspek perkembangan yang harus dikembangkan oleh anak sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan kemampuan kognitif anak dalam berpikir logis khususnya dalam lingkup mengenal sebab-akibat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen one shot case study yang dilaksanakan dalam 3 pertemuan, dalam setiap pertemuan mencakup kegiatan perencanaan, kegiatan pelaksanaan pembelajaran, dan pengamatan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 15 anak, terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes lisan dan unjuk kerja melalui kegiatan eksperimen sains benda tenggelam dan terapung. Setelah diberikannya treatment (perlakuan) didapatkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan kognitif anak usia dini meningkat, pada pertemuan pertama dari hasil observasi didapatkan nilai rata-rata anak 15,5 kemudian dilanjutkan pada pertemuan kedua nilai rata-rata anak meningkat menjadi 23,6 dan pada pada pertemuan ketiga didapatkan nilai rata-rata anak menjadi 30,2 sedangkan dari hasil tes lisan didapatkan nilai rata-rata anak pada pertemuan pertama 40,6 dilanjutkan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 46,5 dan pada pertemuan ketiga meningkat 49,6. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan kognitif anak melalui metode eksperimen sains di TK Bunda Kandung Desa Meunasah Tutong Aceh Besar.Kata Kunci: Kognitif, Berpikir Logis, Metode Eksperimen Sains

Copyrights © 2019