Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan
Vol 20, No 2 (2020)

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia

Sri Setyaningsih (S2 Pendidikan Universitas Negeri Surabaya)
Rusijono Rusijono (Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya)
Ari Wahyudi (Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
22 May 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mencari pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Quasi Ekseperimen dengan desain Pretest Postest Nonequivalent Control Group Desain. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa sebagai kelas kontrol di SDN Gubeng I/204 Surabaya. Berdasarkan analisis data motivasi belajar siswa kelas eksperimen mengalami kenaikan 60% dari pada kelas kontrol, begitu juga hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang mengalami kenaikan 70% menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis  articulate storyline dibanding kelas kontrol yang hanya menggunakan metode konvensional tanpa penggunaan media pembelajaran. Dari analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storylineterhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD. 

Copyrights © 2020